SMPN 7 dan SMPN 5 Muaro Jambi Dulang Prestasi PKN Tingkat Nasional

0
171
views
Atlet kabupaten Muaro Jambi mewakili Provinsi Jambi di tingkat Nasional (foto: wahid/salakaNews)

Muaro Jambi, salakaNews.com – Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kementrian pendidikan dan kebudayaan berlangsung pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, menorehkan sejarah manis bagi masyarakat kabupaten Muaro Jambi, hal itu karena sejumlah perlombaan yang diikuti dapat dimenangkan oleh putra terbaik dari dua sekolah tersebut.

Kedua sekolah itu ialah  SMPN 5 dan SMPN 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Dalam kompetisi cabang lari balok, meraih juara 2 (duaa) di babak final, sementara cabang Engrang,  meraih juara 3 (tiga), para atlet mewakili  provinsi Jambi.

Mengingat acara  yang digelar merupakan kali pertama PKN 2019 dengan tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia”, adapun cabang kompetisi yang digelar terdari atas Engrang,Terompah panjang,Hadang dan Lari balok.

Nilawati, S.Pd. pelatih sekaligus pendamping siswa SMPN 5 Muaro Jambi mengatakan, pada Kompetisi  dengan khas permainan rakyat tersebut, Jambi mengirimkan 8 Atlet, semuanya berasal dari kabupaten Muaro Jambi.

Atlet Muaro Jambi, mewakili Provinsi Jambi dalam mengikuti PKN yang digelar Dirjen Kemendikbud (foto: wahid/salakaNews)

“Peserta lari balok putra dari SMPN 5 dan putri dari SMPN 7 mendapat juara 2 di tingkat nasional dengan sistem lomba dalam bentuk tim, sedangkan 4 peserta Engrang dari SMP IT AL HUJJAH meraih juara 3 tingkat nasional.” Kata Nilawati ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp, (12/10/19).

Sementara cabang olahraga lainnya seperti  Lari Balok, 4 atlet dari kabupaten Muaro Jambi terdiri dari 2 orang (atlet putra), dan  2 orang (atlet putri), dan CABOR (cabang olah raga) budaya engrang  sebanyak 4 atlet putra.

ditambahkannya,  para atlet itu ialah Olivia lumban Tobing (Putri) dan Aulia Rahmah (putri) dari SMPN 7 Muaro jambi, sementara nama atlet dari SMPN 5 Muaro jambi ialah  Gusti Candra (Putra) dan Rahmat yudiono (putra).

Kepsek SMPN 5 Muaro Jambi , BASTONI S.Si., mengatakan, pihaknya merasa bangga sekaligus terharu ketika siswanya menorehkan sejarah pada cabang olah raga permainan rakyat di tingkat nasional,  atas prestasi itulah nama Jambi kini makin harum.

“Alhamdulillah siswa dari SMPN 5 Muaro Jambi kembali berhasil mengharumkan kabupaten, dengan memperoleh dua mendali yaitu perunggu dan perak, bahkan kali ini berhasil mengharumkan nama baik provinsi Jambi,” Ujar BASTONI  dengan raut tersenyum.

Meski begitu BASTONI tak puas diri, pihaknya berharap tak hanya sekolahnya yang mewakili provinsi Jambi, tapi diikuti oleh sekolah – sekolah lain, sehingga dapat meningkatkan prestasi di bidang olah raga.

Selain itu pihaknya berharap kedepan, kabupaten Muaro Jambi dapat meraih medali Emas untuk kembali mewakili provinsi jambi.

“walau kita belum  menggondol medali emas, tapi saya sangat bersukur atas prestasi siswa saya ini,” ujarnya.

Editor : tam

Reporter: WAHID NR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + two =