SIMPUS Aplikasi Layanan Kesehatan Masyarakat Tangsel

0
820
views
SIMPUS (sistem Informasi Puskesmas) merupakan Aplikasi baru yang dimiliki Pemkot Tangsel dalam Hal ini Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (foto: dok)

‘Masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan di seluruh kota Tangsel di Puskesmas terdekat dengan posisi mereka dan rekam medis pasien yang sudah saling terintegrasi pada seluruh Puskesmas’Rukmini, Kasi SDM Dinkes Tangsel

Kota TANGSEL, SALAKANEWS.com – Guna mempermudah pelayanan pada masyarakat di bidang kesehatan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melakukan terobosan pada bidang teknologi digital, salahsatunya melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS), Melalui aplikasi ini seluruh Puskesmas di Tangerang Selatan menjadi satu kesatuan dan dapat mengetahui rekam medis pasien di mana pun dan kapan pun.

Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Manusia kesehatan pada Dinas Kesehatan kota Tangsel, Rukmini, menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak  70 peserta dari petugas Puskesmas yang ada di Tangsel, mereka diajarkan cara sinkronisasi aplikasi SIMPUS dan Pcare BPJS.

“Masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan di seluruh kota Tangsel di Puskesmas terdekat dengan posisi mereka dan rekam medis pasien yang sudah saling terintegrasi pada seluruh puskesmas,”jelasnya, Kamis (8/8/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam kegiatan ini Dinas Kesehatan Kota Tangsel mengundang Diskominfo Tangsel terkait jaringan internet, dimana aplikasi yang sudah ada ini bisa digunakan.

Dengan menggunakan teknologi web service ini maka data yang diinputkan pada SIMPUS juga secara otomatis terinput di basis data Pcare, sehingga petugas Puskesmas tidak perlu lagi melakukan double entry untuk data pasien BPJS.

“Sinkronisasi ini sangat penting dilakukan agar tidak double data,”katanya.

Agar tujuan itu semua berjalan dengan baik, maka pihak Dinas Kesehatan Tangsel menyelenggarakan pelatihan/ Bimtek bagi puluhan pegawai Puskesmas. Mereka diajarkan cara sinkronisasi Primary Care atau Pcare yang merupakan system informasi pelayanan pasien yang ditujukan untuk pasien berstatus Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) yang dimiliki Puskesmas yang ada di Tangsel.

Sosialisasi cara sinkronisasi program aplikasi ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, bertempat di Gedung 3 lantai 3A Puspemkot Tangsel.

Benyamin Davnie dalam memberikan arahan kepada para pegawai Puskesmas dalam melayani pasien, di acara sosialisasi SIMPUS (foto: dok)

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, menjelaskan, system informasi management ini mempermudah puskesmas dalam melayani pasien yang ada. Dengan adanya system baru ini dirinya berharap sumber daya manusia (SDM)nya ditingkatkan, karena sebagusnya aplikasi atau system, kalau orangnya tidak bisa beradaptasi, tidak ada gunanya system ini.

“Saya meminta kepada teman-teman ini, management pemerintah itu harus lebih cepat dan tepat dari biasanya, oleh karena itu saya berharap sinkronisasi ini bisa berjalan dengan baik. Jangan berpikir yang sulitnya, berpikirlah yang mudahnya. Kadang kita merasa sulit karena kita tidak biasa menggunakan system ini.”ujarnya.

Bahkan Bang Ben (sapaan Benyamin Davnie) meminta agar peserta ini menjadi pionir untuk kegiatan ini. Dengan system baru ini harus lebih baik.

“Jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh, baik dalam pelayanan maupun lainnya, dikarenakan masih ada laporan petugas puskesmas yang tidak ramah dan tersenyum. Bahkan lama pelayanannya. Tolong deh jika seperti itu berikan pelayanan yang baik untu kmasyarakat Tangsel,”tandasnya.

Editor: tam