Sebanyak 197 Pecatur Ikuti KEJURDA Provinsi Banten

0
579
views
Peserta Atlet yang didampingi oleh masig-masing dinas terkait kabupaten/kota se-provinsi Banten di GP (gedung Pancasila), Pandeglang. (foto: syamsul/salakaNews)

Salakanews.Pandeglang-Sebanyak 197 Catur dari 8 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat Provinsi yang dilaksanakan di GP (Graha Pancasila)  Kabupaten  Pandeglang Sabtu (11/08).

Endih didih sarhindi.SH. Wakil ketua PERCASI (Persatuan Pecatur Selruh Indonesia) Pandeglang Sekaligus ketua panitia mengatakan, Dari perlombaan yang dilaksanakan oleh putra dan putri yang berasal dari kabupaten kota se-provinsi Banten. diantara 120 Putra, dan 77 Putri,  serta 8 Wasit dari masing-masing kabupaten dan kota.  Sedangkan untuk penghargaan hadiah telah disediakan uang nominal oleh panitia senilaiRp.10 Juta sebagai uang pembinaan. Sementara yang menjadi juara dari semua golongan itu berhak akan diikut sertakan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Aceh yang insyaAlloh akan dilaksanakan pada  September mendatang.

“Dari 8 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten ini terdapat 197 Atlet Catur yang telah didaptarkan oleh masing-masing pengurus cabang dengan jumlah putra sebanyak 120 peserta dan 77 Putri. Adapun untuk hadiah sudah kami sediakan uang sebesar Rp.10 Juta, uang itu sebagai setimulus atau perangsang agar lebih semangat lagi baik dalam latihan maupun bertanding,” Kata Endih.

Suasana Pertandingan dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingakt Provinsi Banten yang digelar di Gedung Pancasila, Pandeglang. (foto: samsul/salakaNews)

Adapun golongan atlet yang mengikuti perlombaan di tingkat Kabupaten ini terdiri dari tingkat dini 2 golongan-5-9 Tahun SMP,SMA, Senior dan Peteran  minimal 50 tahun keatas yang akan disesuaikan dengan jenis pertandingan Clasik 2 x 60 menit.

Lebih lajut Endih menjelaskan, adapun Atlet yang mengikuiti lomba dari masing masing kabupaten/kota ini terdiri dari tingkat dini dengan dua golongan mulai dari usia 5 sampai 9 tahun, tingkat SMP, SMA, Senior Plus Peteran, sedangkan untuk jenis pertandingannya sendiri ini menggunakan jenis Klasik. Sedangkan untuk peteran itu minimal 50 dengan  jumlah waktu 2 x 60 menit yang berarti 2 jam, Jelasnya.

Sementara Ketua PERCASI Provinsi Edi Irianto  mengatakan, Kejurda Provinsi Banten yang dilaksanakan di pandeglang diikuti oleh berbagai atlet dari masing-masing kabupaten kota baik junior sampai dewasa untuk putra dan putri dengan mengirimkan pemain terbaik mereka. Edi juga berharap semoga ada Atlet dari provinsi Banten dapat membawa nama baik daerahnya dalam Keuaraan di tingkat nasional.

“melalui kerjurda ini karena di ikuti oleh pecatur-pecatur usia dini diharapkan dapat melahirkan dan memperkuat Banten ke ajang yang lebih tinggi, sehingga bisa mengharumkan Provinsi Banten,” Harapnya.

Ketua Percasi Kabupaten Pandeglang TB.Saibatul Hamdi mengapresiasi terpilihnya Kabupaten Pandeglang yang ditunjuk sebagai tuan rumah dalam kejuaran tingkat Provinsi.

“saya sangat mengapresiasi ketika kita (kabupaten Pandeglang) ditunjuk sebagai Tuan Rumah, dari 8 kabupten/kota melakukan pertandingan disini, yang tujuannya menyeleksi atlet terbaik dari pertandingan ini akan diikut sertakan untuk mewakili provnsi Banten ke tingkat nasional yang akan digelar di Aceh,”Terang Hamdi (sapaan TB.Saibatul Hamdi).

Meski begitu pihaknya berharap Atlet yang mewakili Pemprov Banten dapat melakukan yang terbaik sehingga hasilnya maksimal, sedikitnya meraih 2 emas, dan 2 Perak. oleh karena itu pihaknya sengaja dalam pertandingan ini menggunakan pemain lokal, hal itu untuk mengetahui sejauh mana kapasitas pemain lokal dalam bertanding dengan daerah lain, tandasnya.

Reporter : Syamsul/Dadi.

Ed: tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here