Peras TKSK Senilai 6 Juta, Oknum Wartawan Diamankan Polres Pandeglang

0
445
views

Pandeglang, SalakaNews – Salah seorang oknum wartawan inisial WS di Kabupaten Pandeglang ditangkap polisi karena diduga melakukan pemerasan terhadap Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

WS Tertangkap tangan oleh petugas Polsek Mandalawangi saat sedang berada di rumah korban (2/9/2019).

“Pada saat penyerahan uang, pelaku diamankan Polsek Mandalawangi dan satreskrim Polres Pandeglang,” Kata AKBP Indra Lutrianto Amstono saat konferensi Pers, Selasa (3/9/2019).

Dugaan pemerasan berawal saat penerbitan berita di media online berjudul TKSK Mandalawangi diduga pungli dana bantuan sosial Rumah tidak Layak Huni (RTLH), namun tersangka mengancam akan menerbitkan kembali berita tersebut, sehingga tersangka meminta uang kepada korban senilai Rp 10 juta agar tidak di terbitkan kembali, Namun korban hanya menyanggupi senilai Rp 6 juta.

“Dasar dari pemberitaan itu, dipake oleh tersangka dijadikan untuk mengancam, kalau tidak ngasih akan di munculkan kembali pemberitaan tersebut. Tersangka minta 10 juta, korban sanggupnya 6 juta,” jelasnya.

Akibat perbuatannya, WS di kenakan pasal 368 KUHP pidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun. Adapun barang bukti yang berhasil di amankan, HP, id card, uang senilai Rp 6 juta, satu unit kendaraan roda empat merek Daihatsu Sigra dengan nomor polisk A 1154 KW.

“Id Card ini digunakan untuk meyakinkan kepada korban jika tersangka bisa menerbitkan berita, karena merasa ketakutan korban akhirnya menyanggupi permintaan uang sebesar Rp 6 juta,” bebernya.

Sementara itu, WS mengaku jika dirinya meminta uang kepada TKSK untuk merevisi berita yang sudah terbit dan tidak akan memuat berita tersebut lagi. Namun, nasib naas saat transaksi dirumah korban WS langsung diamankan pihak kepolisian.

“Jika uang ini ada kami janji akan merevisi berita yang sudah terbit kembali. Uangnya nanti kami akan dibagikan kepada korban yang merasa program RTLH nya di Potong,” bebernya.

Adapun jabatan di media online Sorot Desa, WS mengaku sebagai kordinator wilayah Kabupaten Pandeglang. Ia juga mengklaim jika dirinya sudah dua tahun menjadi wartawan di poros desa.

“Jabatan saya di media Sorot desa sebagai Kabiro Pandeglang, saya baru dua tahun di media dan menjadi wartawan,” tutupnya. (Zis)