Kapolri Tito Jadi Dewan Penguji Sidang Promosi Doktor Ilmu Komunikasi Boy Rafli Amar

0
523
views
Tito Karnavian jadi dewan Penguji dalam sidang terbuka Doktoral Boy Rafli Amar (foto: dok)

BANDUNG, SALAKANEWS.com – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian diberi kesempatan menjadi dewan penguji dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Komunikasi Irjen Pol. Drs.  Boy Rafli Amar yang kini menjabat Wakalemdikat Polri di Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat.

Pada siding promosi Doctoral itu, Boy Rafli dengan Disertasinya berjudul ‘Integrasi Manajemen Media Dalam Strategi Humas Polri Sebagai Aktualisasi Promoter’. Medapatkan perhatian dari para penguji, selain para Profesor di bidang komunikasi, juga bagi Kapolri Tito Karnafian sebagai pimpinannya di institusi POLRI. (Rabu, 14/8/2019).

Pada sesi tanya jawab dengan penguji, Tito Karnafian kemudian diberikan kesempatan oleh ketua sidang untuk memberikan pertanyaan. Sebelum memberikan pertanyaan Tito juga memberikan apresiasi pada Disertasi Boy yang tengah diajukan, hal itu menurut Tito, tema pada Disertasi itu yang sangat relevan dengan tugas Polri di era demokrasi yang sangat terbuka saat ini.

Empat pertanyaan yang diajukan Tito antara lain, Pertama, Bagaimana pandangan saudara tentang Demokrasi di Indonesia saat ini, apakah Demokrasi Liberal atau Demokrasi Pancasila? Pertanyaan kedua, seberapa besar peran manajemen media bagi institusi Polri dalam membentuk opini publik?

Kapolri Tito jadi dewan penguji dalam sidang terbuka disertasi Boy Rafli Amar (foto: dok)

Ketiga, saat ini terjadi 3 prediksi atas persaingan antara media konvensional dengan media sosial, yaitu media konvensial akan lebih mendominasi, media sosial yang akan mendominasi, prediksi ketiga keduanya saling melengkapi, bagaimana atas 3 prediksi tersebut?

Terakhir, bagaimana pandangan terhadap eksistensi UU ITE saat ini khususnya dalam rangka penegakkan hukum?

Seusai diberikan pertanyaan, Boy Rafli Amar, Mantan Kapolda Banten itu kemudian menjawab seluruh pertanyaan, baik yang diajukan oleh Kapolri Tito Karnafian juga oleh tim siding dengan jawaban yang baik, berdasarkan hasil disertasi yang merujuk kepada berbagai teori dan konsep Ilmu Komunikasi.

Alhasil, ketua tim sidang menyatakan Sidang Disertasi Boy Rafli Amar dinyatakan lulus  sebagai sidang doktoral dengan predikat Yudisium sagat memuaskan.

Diketahui, pada Sidang Terbuka ini selain dihadiri oleh Kapolri Tito Karnafian yang bergabung dengan Tim Penguji, juga ada bebera penguji lainnya seperti, Pimpinan Sidang, Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.S.I.E. sekaligus Plt. Rektor Universitas Padjajaran, Sekretaris Sidang, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., Ketua Tim Promotor, Prof. H. Deddy Mulyana, MA.,Ph.D., Anggota Tim Promotor, Dr. Atwar Bajari, M.Si., Anggota Tim Promotor, Dr. H. Edwin Rizal, M.Si., Oponen Ahli, Dr. Ninis Agustini Damayani, M.Lib., Oponen Ahli, Dr. Siti Karlinah, M.Si., Guru Besar, Prof. Dr. Ir. Mahfud Arifin, M.S.

Editor: tama