Dinkes Pandeglang Raih Penghargaan OPD Terinovatif di HUT RI ke -76

0
73
views

Pandeglang , Salakanews – Saat peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI )ke -76, Dinas Kesehatan berhasil meraih penghargaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terinovatif tahun 2020, dari Pemerintah daerah Kabupaten Pandeglang, Penghargaan tersebut diserahkan langsung pada kegiatan peringatan HUT RI ke 76 di Lapangan Upacara Makodim 0601/Pandeglang.

“Dukungan kerja keras, kerja tuntas dari Dinkes, Puskemas yang sudah melaksanakan inovasi dari Dinas Kesehatan,” jelas Kepala Dinkes Pandeglang, Raden Dewi Setiani usai menerima piagam penghargaan, Selasa (17/8/21).

Dikatakan nya, Penghargaan tersebut sebagai bukti kerja keras team kesehatan Kabupaten Pandeglang akan tetapi ini juga sebagai cambuk untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Terimakasih yang tak terhingga atas support dari Ibu Bupati sehingga Dinas Kesehatan Pandeglang dapat meraih juara pertama OPD terinovatif dan terima kasih juga kepada bapak ibu super team Dinkes, Puskesmas, serta RS Aulia. Yang telah bahu membahu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tidak kenal lelah”ungkapnya.

Berdasarkan hasil laporan dari 36 Puskesmas jumlah kasus kematian ibu pada tahun 2019 cukup tinggi dengan jumlah 178 dari 18.273 KH, dan setelah dilakukan inovasi pelayanan Kesehatan pada tahun 2020 ada penurunan kasus kematian ibu yaitu sejumlah 143 dari 23.110 KH.

Sedangkan kasus balita stunting pada tahun 2018 sebanyak 8.209 (8,8%), 2019 sebanyak 5.798 (20,8%), tahun 2020 sebanyak 7.352 (20,5%) dan pada tahun 2021 sebanyak 7.474 (13,4%).

Dewi menerangkan, Bahwa Dinkes telah membuat 4 gagasan yang sangat inovatif untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik didalam Gedung maupun diluar Gedung.

“Dengan adanya inovasi ini tentunya telah membantu mempercepat penurunan angka AKI dan AKB serta penurunan angka balita stunting di Pandeglang,”terangnya.

Untuk diketahui berikut sederet inovasi yang di gagas Dinkes Pandeglang :

1. SEUPAN CAU (SEHAT UNTUK PANDEGLANG CEGAH KEMATIAN ANAK DAN IBU)

Kegiatannya:

* Pemeriksaan ibu hamil di fasilitas kesehatan termasuk di posyandu.

* Kegiatan KELAS IBU HAMIL dan KELAS IBU BALITA.

* Pemberian buku KIA.

* Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan.

* Bantuan biaya persalinan menggunakan JAMPERSAL bagi ibu hamil miskin.

* Penguatan kemitraan Bidan Paraji dan Kader.

* Pemasangan stiker P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi).

* Pemasangan bendera warna pink sebagai penanda adanya ibu hamil.

* Kunjungan ibu hamil berisiko.

* Kunjungan pada masa nifas.

* Kunjungan pada neonates (0-28 hari).

2. RABU UNTUK IBU

Merupakan gerakan serentak seluruh Bidan Desa dimana setiap hari RABU mengunjungi rumah ibu hamil secara rutin untuk memeriksa kehamilannya dan melakukan deteksi dini risiko tinggi serta melaukan rujukan terencana apabila terdapat ibu hamil berisiko ke fasilitas rujukan.

 

Kegiatannya:

* Pemeriksaan ibu hamil di rumah ibu hamil.

* Penapisan ibu hamil berisiko.

* Melakukan rujukan terencana ke faskes rujukan (Puskesmas PONED, RS).

* Bantuan biaya rujukan bagi ibu hamil miskin melalui anggaran JAMPERSAL.

3. PANGLING (PANDEGLANG PEDULI STUNTING)

Kegiatannya:

* Pemantauan tumbuh kembang balita di posyandu.

* Pemasangan bendera warna merah sebagai penanda ada balita yang stunting.

* Pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

* Melaksanakan kegiatan KELAS IBU TERPADU dimana Dokter, Bidan, TPG, dan Kader bersama-sama memeriksa kondisi ibu dan balita sesuai dengan perannya masing-masing. (Pemeriksaan, penyuluhan/ edukasi dan demonstrasi masak).

* Makan sehat bersama (babacakan).

* Pemberian piagam penghargaan bagi balita yang lulus stunting (kecamatan Cipeucang dan Kaduhejo).

4. SARITA (SELASA BERSERI TANPA ANEMIA)

Merupakan gerakan bersama setiap hari SELASA yaitu melaksanakan pemberian TABLET TAMBAH DARAH bagi remaja putri di seluruh sekolah SMP dan SMA/ sederajat. Pemberian TTD 1 minggu 1 kali sepanjang tahun, usia remaja putri 10-18 tahun. Bekerjasama dengan pihak sekolah.

Kegiatannya:

* Pemeriksaan kesehatan remaja putri.

* Pemberian edukasi.

* Sarapan sehat bersama.

* Pemberian TTD.

* Lomba DUTA SARITA.

(Land/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 15 =