Diguyur Hujan Berkah, Ibu Negara Iriana Tanam Mangrove di Labuan Banten

0
350
views
Ibu Negara Iriana melakukan tanam pohon mangrove di kawasan PLTU Labuan Pandeglang Banten. (foto: Dadi/salakaNews)

PANDEGLANG, SALAKANEWS.com – Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla melakukan tanam pohon mangrove di kawasan pantai yang berdekatan dengan PLTU Labuan, Desa Margasana, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Senin (11/3).

Penanaman pohon itu dilakukan guna menjaga abrasi dari arus gelombang laut, dan pemanasan global. Penanaman ini juga sangat berdampak bagi biota laut serta dapat mengurangi resiko terhadap bahaya tsunami.

Dalam kesempatan itu Iriana mengatakan, penanaman tersebut tak hanya dilakukan di kawasan PLTU Labuan, tetapi kegiatan ini digelar di 10 Provinsi secara serentak yaitu di kawasan pantai Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Kecamatan Pasir Saleti Lampung Timur, Lemah Wungkuk Cirebon Jawa Barat, Sawo Jajar Brebes Jawa Tengah, Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Pohuwato Gorontalo, Donggala Sulawesi Tengah Pantai Cereme Nusa Tenggara Barat, serta Teluk Ambon Maluku, dan Pandeglang Banten.

“Penanaman pohon (mangrove) ini bukan hanya di pesisir pantai PLTU dan kawasan pantai Labuan sini saja, akan tetapi serentak dilakukan juga di 10 Provinsi di Indonesia” tutur Iriana.

kegiatan tanam mangrove dilakukan oleh Ibu Negara Iriana di kawasan pantai Labuan Pandeglang Banten (foto: isitimewa/dadi-salakaNews)

Dijelaskannya  kegiatan itu merupakan upaya  dalam rangka meminimalisir dampak gelombang tinggi di pesisir pantai. Adapun pohon yang ditanam sebanyak 53 ribu pohon, jumlah tersebut merupakan awal penanaman dari satu juta pohon yang akan ditanam.

“Meskipun dengan kondisi cuaca hujan, tidak mengurangi semangat kita untuk menanamam mangrove, Oleh karena itu mari kita bersama – sama menanam pohon mangrove dan menjaga kelestarianya agar ekosistem tetap terjaga,” ajaknya.

Hadir dalam acara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya beserta sejumlah istri dan perwakilan menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), Bupati Pandeglang Irna Narulita beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Pandeglang.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan terimakasih atas kehadiran ibu negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan perwakilan menteri atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan kelestarian ekosistem mangrove di Kabupaten Pandeglang.

” Kami sangat apresiasi atas kegian ini, karena ini merupakan wujud nyata bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian ekosistem mangrove di Kabupaten Pandeglang,” kata Irna.

Rep: Dadi

Ed: tam