Warga Muslim Mega Lestari laksanakan Shalat Gerhana Bulan

0
1005
views

Tangerang Kota- Sebagian besar Warga Muslim Mega Lestari Residence, Cibodas, Tangerang kota melaksanakan shalat Gerhana Bulan di Mushola Al-Abror pada Rabu malam, pukul 20, 31 WIB. (31/01/18).

Sebelum pelaksanaan shalat gerhana atau sering dinamakan shalat Khusuf ini, Jamuri selaku ketua DKM AL-Abror menyampaikan tatacara shalat gerhana bulan ke Jamaah, karena shalat khusuf ini memiliki perbedaan dengan shalat-shalat pada umumnya.
Sementara imam shalat dipimpin oleh Ustadz Usman, dan khotib disampaikan oleh ustadz Jamuri Haerudin.

Seusai shalat khusuf dalam khotbahnya Ustadz Jamuri menyampaikan ke seluruh jamah betapa pentingnya melaksanakn shalat gerhana, guna meningkatkan keimanan kepada Alloh SWT.

“Dengan melaksanakan sholat gerhana bulan semoga dapat mempertebal keimanan kita kepada Alloh SWT. Bukan malah sebaliknya” ungkapnya.
Seraya mengatakan Fenomena ini dapat menjadi ibrah bagi kita dan juga orang-orang yang menggunakan akalnya, bahwa alam raya yang terbentang luas kemudian pada saat kita menyaksikan kehebatan benda-benda luar angkasa itu tak lain karena atas kuasa dan kebesaran Alloh SWT. dengan kesadar seperti itu semoga dapat membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Ucapnya.

Begitu juga bagi mereka yang sekirany tercerahkan hatinya dapat menjadikan fenomena ini menjadi semakin yakin dan merasa kecilnya kita di bawah kebesaran Alloh SWT. Disertai meminta ampun kepadaNya, katanya.

Menurutnya, sikap yang tepat ketika terjadi gerhana Bulan adalah dengan menghadirkan perasaan takut dan rendah diri dihadapan Alloh ta’ala.

Dengan mengutif salah satu ayat Alquran Jamuri mengatakan, Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Alloh SWT..

Oleh karena itu bentuk penghambaan yang kecil dan kerdinya kita sepatutnya senantiasa berDzikir dengan Hati, ataupun berdzikir dengan Lisan, maupun berdzikir dengan pikiran untuk mengagungkan kebesarannya, ujarnya.

Dengan demikian ia berharap Semoga dengan gerhana ini dapat memberikan kita kekuatan iman, dan juga makin ikhlas dalam menolong terhadap sesama.

“Makin peka terhadap kondisi lingkunga sekitar agar kehidupan yang kita rajut menjadi lebih harmonis dan damai”
Tandasnya.

Hikmah dari peristiwa Gerhana

Ada lima hikmah yang bisa kita petik dari terjadinya gerhana bulan.
Hikmah pertama- adalah sebagai satu tanda Kekuasaan Alloh diantara tanda-tanda kekuasaan Alloh lainya.

Hikmah yang kedua adalah- untuk mengingatkan kepada manusia untuk tunduk dan berserah ke pada Alloh SWT. dengan memperbanyak amal ma’ruf dan nakhi mungkar.

Hikmah yang ketiga adalah- keberadaan Bulan merupakan satu dari sekian benda yang di ciptakan Alloh SWT dengan kekuasaanNya.

Hikmah yang keempat adalah- sebagai sesuatu perumpaan akan sesuatu yang menurut kemampuan manusia tidak mungkin dilakukan tapi bagi Alloh sangat mudah untuk dilakukan. Sebagaimana halnya fenomena gerhaa bulan ini.
Hikmah yang ke lima adalah- menunjukan kekuasaan Alloh bagi mahluknya terutama orang-orang yang berfikir akan kebesaranNya.

Warga muslim MegaLestari tengah mengikuti shalat Gerhana Bulan di Mushola Al-Abror, Cibodas, Tangerang Kota.
(Foto: salakanews)

Pantauan Salakanews
Mayoritas ibu-ibu muslim warga Mega Lestari turut hadir dalam Shalat gerhana bulan tersebut, selain itu nampak hadir pula beberapa tokoh masyarakat MLR (Mega Lestari Residence) diantaranya Yuyun Junaedi, Ahmid Jaharudin, Dr. Dedi, dan Tedi selaku camat Benda, kota Tangerang.
(Tam)