Ribuan masyarakat Picung Terjun Langsung Ke Sungai Cimoyan Punguti Sampah

0
528
views
Ribuan Masyarakat Picung saat hendak turun ke Sungai Cimoyan yang berlokasi di Kampung Cimoyan, Desa Ciherang, Kecamatan Picung. (Foto Azis)

SalakaNews, Pandeglang – Ribuan masyarakat Kecamatan Picung terjun langsung ke Sungai Cimoyan untuk membersihkan sampah yang tercecer disepanjang aliran sungai.

Berdasarkan pantauan SalakaNews.com, sebelum menggelar acara bebersih sampah, berbagai pentas seni, seperti pencak silat dan debus digelar untuk menghibur masyarakat yang akan ikut bebersih sungai. Jelang beberapa menit kemudian ribuan masyarakat langsung turun ke sungai sambil membawa kantung plastik sampah.

Ketua pelaksana kegiatan, Agus Leo mengatakan jika kegiatan tersebut dihadiri dari berbagai macam elemen, mulai dari tokoh masyarakat dari empat kampung dan 23 organisasi.

“Yang ikut ini dari berbagai desa dan Organisasi dari berbagai elemen. Alhamdulillah kalau di perkirakan mencapai ribuan yang hadir,” kata Agus Leo kepada SalakaNews.com, Jumat (28/9/2018).

 

Ribuan masyarakat saat melakukan pemungutan sampah disepanjang aliran Sungai Cimoyan, Jumat (28/9/2018). (Foto Azis) 

Lanjut Agus, kegiatan ini pertama kalinya dilakukan karena kondisi sungai yang sangat tidak layak untuk masyarakat sekitar. Padahal masyarakat sekitar untuk minum dan kebutuhan sehari-hari sangat bergantung pada Sungai Cimoyan.

“Masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan air minum dan memasak selalu menggunakan sungai, tapi saat ini kondisi sungai sudah tidak memadai dan sangat kotor,” bebernya.

Untuk menjaga kelestarian sungai, Agus berharap jika kegiatan tersebut menjadi rutinitas tahunan masyarakat Picung.

“Insyallah kegiatan ini akan menjadi rutinitas tahunan, agar aliran sungai bersih dan dapat diwariskan ke anak cucu,” harapnya.(Zis/Red)