Pelajari Kesbangpol, Pemkot Tangsel Terima Kunker Pemkab Banyumas

0
96
views
Pemkab Banyumas pelajari Kesbangpol yang ada di pemkot Tangsel dari tipe kantor menjadi Badan (foto: dok)

TANGSEL, SALAKANEWS.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Banyumas, pada Rabu, 21 Agustus 2019 di Balai Kota Tangsel, Ciputat.

Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari perubahan tipe pada Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang sebelumnya bersetatus Kantor menjadi Badan.

Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Muhamad mengatakan, Pemerintah kabupaten Banyumas berencana menaikan tipe Kesbangpol dari Kantor menjadi Badan. Penaikan tipe tersebut merujuk pada apa yang telah dilakukan Pemkot Tangsel yang sebelumnya juga berstatus kantor.

“Mereka (Pemkab Banyumas) mempelajari mekanisme dan proses kenaikan tipe Kesbangpol, mereka (saat ini) masih kantor mau dinaikan ke Badan seperti Tangsel,” ujar Muhamad.

Dalam pertemuan tersebut juga membahas Permendagri nomor  11 tahun 2019 yang menyatakan Kesbangpol harus tipe A dengan empat bidang. Namun di Kota Tangsel eksisting saat ini masih menggunakan dua bidang yakni bidang Politik dan Kesatuan bangsa.

“Kalau kita secara tipe sudah naik, kedepan Pemkot Tangsel akan menambah bidang dari dua menjadi empat bidang,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan empat bidang dalam Kesbangpol guna menjawab dinamika dan perkembangan di Kota Tangsel meliputi Permasalahan keamanan dan warganegara.

Editor: tam