KUA Ciputat Timur Gelar Penyuluhan Perkawinan bagi Puluhan Calon Pengantin

0
612
views
KUA Ciputat Timur Gelar Penyuluhan Perkawinan untuk para peserta calon pengantn (Foto: dok)

Tangsel, SALAKANEWS.com – Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar bimibingan perkawinan  bagi Puluhan pasangan calon pengantin. Bimibingan ini dilakukan dalam rangka menigkatkan pemahaman bagi para calon pengantin agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan dengan baik sesuai syariat yang ada.

Penyelenggaraan kursus bimbingan ini dilakukan oleh KUA CIputat Timur digelar di Aula Masjid At-Taqwa yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel, pada Rabu, 31 Juli 2019.

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat pada Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tangsel, Nurdin mengatakan, calon pengantin mesti mempersiapkan keluarga yang  sakinah, selain itu juga harus dapat membangun hubungan komunikasi yang baik dalam keluarga sehingga kebahagiaan akan berlangsung.

“Harus bersiap diri dan mental untuk berumah tangga dan harus siap menerima konsekuensi,” Kata Nurdin.

Peserta calon Pengantin ikuti penyuluhan perkawinana yang digelar oleh KUA Ciputat Timur , Kota Tangsel. (Foto: dok)

Diketahui, Sejak Tahun 2010 Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam telah menerbitkan Peraturan Dirjen tentang Kursus Calon Pengantin nomor : DJ.II/491 Tahun 2009 tanggal 10 Desember 2009.

Sementara Kepala Bidang Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak pada (DPMP3AKB) Kota Tangsel Irma Syafitri mengatakan, kegiatan yang biasa disebut Kursus Calon Pengantin (Suscatin) ini untuk pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam waktu singkat kepada calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga /keluarga.

“Kegiatan SUSCATIN bertujuan dalam rangka meminimalisir tingginya angka perselisihan, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga yang salah satunya disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga atau keluarga, serta untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah, “katanya.

Pada kegiatan ini juga calon pengantin pria dijelaskan dan mempraktekkan cara Ijab Qobul, agar pada saatnya nanti dapat melakukannya dengan benar.

“Saya berharap kegiatan SUSCATIN ini akan menjadi bekal pengetahuan bagi para calon pengantin dalam menjalankan kehidupan berumah tangga nanti,” kata Irma.

(tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 6 =