Forum BPD Wanasalam Bertekad Tingkatkan Fungsi Pengawasan Desa

0
677
views
Anggota Forum BPD beserta Pihak Kecamtan saat menggelar Rapat evaluasi Tahunan kinerja BPD kecamatan Wanasalam. (foto: Syamsul/Salakanews)

Badan Permusyawatan Desa (BPD) harus manjalankan fungsinya sebagai pengawas pemerintahan desa, guna terciptanya pembangunan desa yang maju dan beradab.

Salakanews. Lebak- Forum Pemerintah Desa se-Kecamatan Wanasalam menggelar rapat terkait Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) tahun anggaran 2017.  Penyelenggaraan acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan fungi BPD selaku pengawas desa, sehingga pembangunan yang ada di desa dapat terkontrol dengan baik guna terciptanya pemerintahan desa yang maju dan beradab. Kegitan ini dilakukan di kantor Aula kecamatan Wanasalam, Senin (26/2/18).

Usep Saepudin, Kasi pemerintahan sekaligus ketua panitia pada kesempatan itu mengatakan, Badan Pemerintahan Desa mempunyai tugas mengawasi kinerja pemerintahan desa baik fisik maupaun non fisik” kata usep.

Usep melanjutkan Selain melaporkan anggaran yang telah di terima, BDP juga bisa meningkatkan komunikasi dan Sinergisitas antara Ketua dan anggota BPD se kecamatan Wanasalam guna meningkatkan tugas fokok dan fungsi dalam mengawasi kinerja pemerintahannya di masing-masing Desa.

Selain itu dalam laporannya Para ketua BPD ini memaparkan hasil-hasil pelaksanaan kegiatan yang meliputi pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pelayanan serta pembinaan hingga pemberdayaan masyarakat selama satu tahun, mulaia bulan Januari hingga Desember 2017.

Syihabudin ketua BPD Desa Bejod kecamtan Wanasalam pada salakanews mengatakan, digelaranya kegiatan ini merupakan satu langkah positif bagi kemajuan seluruh BPD yang ada di Kecamatan Wanasalam, selain itu ada beberapa point penting yang bisa dipetik dari acara ini dianataranya adalah ketua BPD dengan BPD lainnya bisa saling berkomunikasi antara BPD satu Desa dengan BPD desa lainnya, kedua BPD bisa meningkatkan kinerja menjadi lebih baik sesuai dengan TUPOKSI-nya yaitu sebagai pengawas pemerintahan desa.

“dengan adanya Forum ini, peran BPD bisa lebih meningkatkan kinerjanya, sebab ditahun sebelumnya BPD dianggap tidak memiliki peran apa-apa”, kata Syihabudin.

Tetapi dengan adanya laporan pertanggung jawaban seperti ini lanjut Syihab, BPD jelas memiliki peran dan fungsi yang sangat penting di pemerintahan desa, dengan demikian Syihab bersama seluruh ketua BPD di kecamatan Wanasalam tidak merasa asing dengan adanya Forum tersebut.

“kami tidak merasa diasingkan oleh pemerintahan desa maupun kecaamatan” terang Syihab.

Sementara Cece Saputra selaku Camat Wanasalam memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan LPPD yang diselenggarakan FORUM BPD se-kecamtan Wanasalam, menurutnya kegiatan itu merupakan hal yang posisitif, karena sebelumnya penyelenggaraan kegiatan ini belum pernah ada.

“baru kali ini pelaksanaan Laporan Kinerja BPD se-kecamtan Wanasalam dilakukan” kata Cece.

Pantauan Salakanews hadir dalam acara itu Camat Wanasalam, dan seluruh ketua dan anggota BPD dari 13 desa se-kecamatan Wanasalam, suasana tampak hangat penuh kekeluargaan.

Rep: Syamsul/Mg

Ed: tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =