5 Tips Untuk Mengatasi Kebosanan Selama Berada di Rumah

0
34
views

5 Tips Untuk Mengatasi Kebosanan Selama Berada di Rumah

Pada awal tahun 2020, dunia dikejutkan dengan datangnya virus bernama Corona yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan, Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Penyebaran pandemi yang cepat membuat semua negara, termasuk Indonesia harus melakukan karantina (lockdown) sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 ini.

Maka dari itu, penting untuk setiap warga negara berkontribusi dengan sungguh sungguh demi menghentikan rantai penyebaran virus Corona, salah satu caranya adalah dengan melakukan karantina diri dirumah. Namun, berada di tempat yang sama untuk waktu yang lama pun bukan hal yang menyenangkan. Meurut psikologi, berada di dalam rumah untuk waktu yang lama tanpa melakukan aktivitas bisa menimbulkan rasa stress.

Berikut adalah 5 tips aktivitas baru dan seru yang bisa dilakukan selama kamu berada di rumah:

1. Bermain alat musik

Belajar alat musik baru mungkin akan jadi jawaban kamu yang menyukai seni musik seperti Gitar, Piano, bahkan Drum. Selain menambah wawasan, bermain alat musik juga mempunyai banyak manfaat seperti: menghilangkan stress, menumbuhkan kreativitas, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Memasak

Ganti pola hidupmu yang lebih memilih membeli makan di luar dan mulai memasak sendiri. Selain menghemat, kamu juga memperkecil kemungkinan terkena virus yang menempel pada bungkusan makanan/minuman yang kamu beli. Selain itu, kamu juga akan mengembangkan keterampilan baru dalam bidang kuliner.

3. Berolahraga

Walau berada di rumah, memiliki badan yang sehat juga penting agar terhindar dari berbagai macam bakteri, dan virus. Banyak ragam olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa membutuhkan alat profesional, seperti: cardio, push up, skipping, dan lainnya.

4. Membaca buku

Selesaikan tumpukan buku yang belum sempat kamu sentuh karena kesibukanmu selama ini. Membaca buku memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik, maupun mental, seperti: meningkatkan kemampuan untuk berempati, mengembangkan kosakata, membantu meringankan gejala depresi, juga mempersiapkan untuk tidur malam yang nyenyak.

5. Bertanam

Memiliki tanaman di dalam rumah akan membantu membersihkan udara dalam ruangan dengan menyerap racun, meningkatkan kelembapan & memproduksi oksigen. Selain itu, tanaman di dalam rumah juga membuat rumah terlihat lebih sejuk. Sebagai pemula, kamu bisa mulai belajar bertanam bayam, kangkung, atau selada yang bisa dipanen dalam waktu 3-4 minggu setelahnya.

Paramytha Uvairah Mulyarto – LSPR Communication & Business Institute

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + thirteen =