Universitas Mercu Buana dan PWI Pusat Gelar Buka Puasa Bersama, Tekankan Pentingnya Verifikasi dalam Karya Akademik dan Jurnalistik

0
21
views

Jakarta – Universitas Mercu Buana (UMB) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar acara Buka Puasa Bersama dengan tema “Pentingnya Verifikasi bagi Penulisan Ilmiah dan Kerja Jurnalistik” di Gedung Doktoral Universitas Mercu Buana, Meruya, Jakarta Barat, Kamis, (28/03).

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch. Bangun, bersama dengan anggota jajaran PWI turut menghadiri undangan kegiatan buka bersama ini

Rektor UMB, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng, Sekretaris Universitas UMB, Dr. Elly Yuliawati, M.Si, Ketua Lembaga Penjamin Mutu UMB, Dr. Tin Budi Utami, M.T., serta Kepala Biro Humas UMB, Dr. Ira Purwitasari, S. Sos., M. Ikom,. Selain itu, turut hadir para dekan UMB dan jajaran.

Dalam sambutannya, Rektor UMB, Prof. Andi menekankan pentingnya verifikasi dalam menciptakan karya akademik dan jurnalistik berkualitas, serta memastikan setiap informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan. Beliau juga mencatat tiga nilai budaya yang dibangun oleh UMB: integritas, inovasi, dan harmoni.

“Kami yakin bahwa memperkuat budaya harmoni sangat penting, di mana puasa tidak hanya tentang ibadah, tetapi juga tentang membangun empati dan silaturahmi dengan semua makhluk hidup. Kami aktif berupaya memperkuat keharmonisan ini melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk PWI. Kami optimis bahwa kerja sama dan jaringan yang telah terjalin akan terus berkembang untuk membangun masyarakat yang adil dan sejahtera di Indonesia.” Tambah Andi.

Selaras dengan itu, Hendry Ch. Bangun, menyambut baik terselenggaranya acara buka puasa bersama ini. Menurut Hendry, kerjasama antara PWI Pusat dan UMB telah menciptakan jalinan komunikasi yang baik, membawa harapan untuk membangun bangsa yang lebih baik. Hal ini merupakan bukti nyata kolaborasi yang produktif antara lembaga pendidikan dan dunia jurnalistik.

“Saya bahagia bahwa kita telah bekerja sama meskipun belum semulus yang seharusnya, karena ada beberapa hambatan teknis dan pemilu. Saya juga di dewan pers menginisiasi penelitian di bidang komunikasi, seperti minat terhadap media massa dibanding media sosial. Penelitian semacam ini diperlukan sebagai panduan bagi media massa dalam menentukan kebijakannya sesuai dengan perkembangan yang ada”, ujar Hendri.

Acara buka puasa bersama ini tidak hanya merupakan ajang silaturahmi, tetapi juga sarana untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya verifikasi dalam aktivitas akademik dan jurnalistik. Hal ini diperkuat dengan ceramah oleh Ustadz Dr. Abdurachman Sadero, M. Pdi, yang mengingatkan tentang pentingnya verifikasi, atau yang dalam bahasa Arab disebut sebagai tabayun.

Seperti yang diketahui bahwa UMB dan PWI Pusat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan Rektor UMB Prof. Dr. Andi Andriansyah, M. Eng, pada November 2023. MoU ini menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam berbagai bidang.

Sedangkan kerjasama khusus anti hoaks Memorandum of Agreement (MoA) ditandatangani oleh Koordinator Satgas Anti Hoax PWI Pusat Muhammad Iqbal Irsyad dan Kepala Biro Humas  UMB, Dr. Ira Purwitasari, S. Sos., M. Ikom.

MoU dan MoA ini menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam berbagai bidang. Dan, melalui kegiatan Buka Bersama ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga merupakan wujud nyata dari tekad bersama untuk memperkuat kerjasama dan menghadapi tantangan bersama dalam mempromosikan informasi yang akurat dan berwawasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here