Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Pandeglang Kukuhkan Relawan Demokrasi

0
211
views
KPU Pandeglang bersama Relawan Demokrasi, yang akan bertugas mensosialisasikan pentingnya kesadaran berpolitik di pemilu 2019. guna mewujudkan masyarakat yang demokratis dan tidak golput. (foto: syamsul/salakanews.com)

Pandeglang, salakaNews- Sebanyak 55 relawan demokrasi dikukuhkan oleh KPU Pandeglang. Pengukuhan dan Pembekalan Relawan Demokrasi (Relasi) yang berlangsung di kantor KPU, komplek Perkantoran Cikupa, kabupaten Pandeglang itu berjalan dengan lancar. (21/01/19).

Relawan yang lolos sleksi akan ditugaskan ke berbagai segmentasi, diantaranya segemen pemilih Keluarga, Pemula, Muda, Perempuan, Penyandang disabilitas, Berkebutuhan Khusus, Marginal, Komunitas, Keagamaan serta segemen Netizen atau warga Internet.

Setelah dikukuhkan, relawan itu diberi bekal berupa edukasi mengenai peran dan tujuan dari relawan demokrasi itu sendiri. Materi disampaikan oleh semua komisioner KPU Kabupaten Pandeglang.

Koordinator Divisi SDM dan Humas KPU Pandeglang, Ahmadi ketika menyampaikan materi mengatakan, relawan demokrasi memiliki banyak tugas, hal yang paling mendasar lebih kepada upaya meningkatkan partisipasi pemilih di (Pemilu) 2019 April mendatang.

Kata dia, relawan demokrasi juga bertugas memberi pembelajaran pentingnya hidup berdemokrasi di negara Republik Indonesia.

“Relawan demokrasi memiliki tugas untuk mensosialisakan pemilihan umum kepada masyarakat luas diwilayah Kabupaten Pandeglang yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum, sebagaimana tertuang dalam PKPU Nomor 10 tahun 2018 tentang sosialisai, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyakaat dalam pemilu tahun 2019″. Jelasnya saat memberikan pembekalan.

sementara Saeful Anwar, salah satu anggota relawan demokrasi KPU Pandeglang mengatakan, ia senang bisa terpilih sebagai anggota relawan demokrasi, yang sebelumnya telah mengikuti tahapan penyeleksian kemudia terpilih sebagai relawan demokrasi.

” Alhamdulilah saya sangat senang bisa terpilih menjadi relawan demokrasi, tentunya ke depan kami akan menjalankan tugas sesuai segmentasi masing – masing,” ungkapnya.

Sebagai gambaran, dari 55 orang anggota relawan yang telah dikukuhkan itu nantinya akan terbagi ke dalam 10 segmentasi sekaligus akan menjalankan perannya masing – masing, dengan harapan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 ini.

Rep: Syam

Ed: Tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here