Tingkatkan Daya saing Santri, Universitas Mercu Buana Berikan Pelatihan Keuangan Syariah

0
42
views
Universitasa berikan pelatihan keuangan Syari'ah pada santri pondok pesantren Madinah Alhijrah Pandeglang (foto: azis/salakaNews)

Pandeglang, Salakanews – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Mercu Buana berikan Pelatihan Soal Keuangan Syariah di Pondok Pesantren Madinah Al-Hijrah, Minggu (26/01/2020).

Hal ini dilakukan untuk menyiapkan santri serta alumni pondok pesantren agar dalam mengelola potensi alam yang ada di sekitarnya.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Dwi Asih Suryandari mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian yang harus dilakukan oleh dosen sebagai bentuk pengamalan tridarma perguruan tinggi yang berisi tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Adapun materi yang diberikan pada sosialisasi kali ini berkaitan dengan keuangan syariah, baik dalam perencanaan, pengelolaan dan lain sebagainya,” ungkap Dwi Asih saat ditemui usai sosialisasi.

Dwi Asih menilai jika pendidikan atau pengetahuan mengenai akuntansi pesantren dan keuangan berbasis syariah ini sangat penting untuk diketahui oleh para santri, ustadz dan ustadzah yang ada di pondok pesantren Madinan Al-Hijrah.

“Sangat penting sekali, biasanya kalau di pondok pesantren itu ilmu yang dipelajari kebanyakan ilmu-ilmu ukhrowi atau urusan akhirat, nah sementara itu harus dilengkapi dengan ilmu-ilmu yang sifatnya keduniawian yang tentunya disesuaikan dengan syariah,” jelasnya.

Shinta Meljatia yang juga dosen di Universitas Mercu Buana mengatakan, dipilihnya Ponpes Madinah Alhijrah menjadi lokus sosialiasi ini dinilainya sangat mempunyai potensi ekonomi yang sangat tinggi.

“Kami pilih ke daerah-daerah yang potensinya besar tapi pengetahuannya tentang ilmu keuangannya masih minim,untuk pondok pesantren yang kami pilih karena banyak anak-anak yang usia muda yang mereka nanti yang akan jadi pemimpin di masa yang akan dating,” tutur Dosen Universitas Mercu Buana.

Sementara Itu, Pengaasuh Ponpes Madinah Al-Hijrah, Ustad Budi Surahman sangat mengapresiasi dengan sosialisasi akuntansi dan keuangan syariah yang digelar oleh dosen fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Karena materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat penting bagi para ustadz dan ustadzah yang mengelola dana dari para donatur maupun usaha-usaha lainnya. Pihaknya sangat berharap kerjasama yang dibangun antara ponpes Madinah Al-Hijrah bisa terjalin dengan baik.

“Sangat penting sekali buat pondok pesantren karena yang di ajarkan dan di bawakan oleh ibu-ibu dosen tentang akutansi aksibilitas dan transparansi. Pelatihan ini juga dapat mengatisipasi kesalahanfahaman dan bab amanah. Karena pondok pesantren dan semuanya adalah wakaf dan uang -uang dari donatur,” imbuhnya. (Zis/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =