Sungai Cibarengkok Meluap, Ratusan Rumah di Wanasalam Terendam

0
256
views

Salakanews, Lebak- Akibat curah hujan tinggi beberapa titik di desa Bejod kecamatan Wanasalam diterjang banjir. Luapan air yang semakin meninggi terjadi dari pukul 20.00 WIB membuat warga Bejod tak bisa berbuat apa-apa, hingga mengakibatkan kurang lebih 300 rumah yang kena dampaknya, Minggu (22/04)
Pantauan salakanews, beberapa lokasi yang terkena luapan sungai Cibarengkok terjadi di beberapa titik, diantaranya RT 01, RT 03, RT 04, RT 06, RT 18, dan RT 21, dugaan sementara banjir terjadi akibat penyempitan drainase disertai debit air yang cukup tinggi. hingga mengakibatkan meluapnya air dari sungai ci barengkok.
Kepala Desa Bejod Rohmat mengatakan terendamnya ratusan rumah di desa bojod disebabkan tingginya luapan air mencapai satu hingga dua meter, meski demikian pihaknya telah berupayamelakukan perbaikan drainase agar aliran sungai dapat mengalir dengan normal.
“Alhamdulillah Selama ini kami telah berupaya melakukan drainase karena sungai Cibarengkok yang mengalir ke Binuangeun semakin sempit. kami berharap karna sudah berkali kali diusulkan pada MUSREMBANGDES (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa),” kata Rohmat.
Seaya mengatakan, sungai yang lama semakin menyempit menyebabkan air tersumbat dan meluap kemana-mana, oleh karena itu pihaknya berharap pada dinas terkait untuk melakukan kembali pengerukan, agar banjir yang ada tidak terulang kembali, harap Rohmat.
Iwan warga kp. Barengkok, desa Bejod Kecamatan Wanasalam berharap, dilakukan adanya penanganan secara serius dari pihak terkait, hal itu guna meminimalisir masalah agar tidak menjadi besar.
“saya menginginkan adanya bantuan untuk warga yang rumahnya terendam banjir, baik berupa obat-obatan, makanan dan kebutuhan lainnya, untuk mencegah timbulnya penyakit,” ujar Iwan.
Ironisnya Camat Kecamatan Wanasalam saat dikonfirmasi tidak memberikan komentar, ketika ditanya terkait kondisi warga yang terkena banjir ia tekesan menghindar, keesokan harinya wartawan Salakanews mencoba mengkonfirmasi keduakalinya, namun ia tak ada di tempat.
Meski tidak mengakibatkan korban jiwa, namun antisipasi banjir susulan perlu diwaspadai, mengingat hujan dalam sepekan ini terus terjadi. Sementara warga yang rumahnya terendam belum dievakuasi, mereka masih bertahan dirumah masing masing.
Rep: Syam
Ed: Tam