Sulitnya Lahan Pekerjaan, Usman Jadi Seniman ‘Golok Hias’.

0
1767
views
Golok hias hasil karya Usman (dok. Red)

Salakanews, Lebak– Malingping patut bangga punya Usman (20) suami Iis (19), asal Kampung Gintung, Desa Cipendey, Kecamatan Malingping, Lebak-Banten. Usman adalah seniman cekatan, setidaknya dalam satu hari Usman dapat menghasilkan satu buah ukiran golok hias.

Mengingat terbatasnya lahan pekerjaan, Usman terdorong menjadi pembuat golok hias. Saat didatangi Wartawan Ia mengaku awalanya hanya coba-coba, namun karena ada yang minat membeli Usman pun menjadikan karyanya sebagai mata pencaharian, Senin 08 Januari 2018.

“Awalnya coba-coba buat untuk sendiri, eh ternyata ada yang minat, dipikir-pikir lumayan juga kalau buat mata pencaharian”, ujar Usman pada Wartawan.

Usman yang tengah mengukir golok hias, (dok. Red)

“Saya cuma berusaha”, lanjut Usman, “mendapatkan uang yang halal untuk istri saya”, imbuhnya.

Dengan tangan langsung dan peralatan seadanya Usman tak menjadikan itu persoalan, keringatnya yang keluar selalu mendapatkan hasil yang maksimal.

Yah mau gimana lagi saya hanya mengandalkan yang ada saja,” katanya.

Variasi golok hias yang dibuat tergantung pesanan para pelanggan dengan bandrol harga paling murah 100 ribu dan harga tertinggi 300 ribu. Hal itu dikuatkan Erik, salahsatu pelanggan golok hias, ia mengatakan harga yang dijual Usman tidak terlalu mahal, menurutnya itu pasaran yang ternilai murah.

“Klo disini sih selain harganya yang cocok untuk kantong, disini juga bisa pesan sesuai apa yang di inginkan, kita juga bisa membawa gambar untuk di jadikan contoh”, katanya.

Rep. Ndi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here