Sosialisasi KPU, Masyarakat diminta Berperan Aktif Sukseskan Pilkada 2018

0
672
views
Sosialisasi KPU Kota Tangerang ke Karang Tengah. (foto:Edwar An/Salakanews)

Salakanews, Kota Tangerang-  Ketua PPK Karang Tengah Hendri Sanjaya mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mensukseskan Pemilihan kepala daerah tahun 2018. Ia juga menghimbau para peserta untuk aktif menanyakan seputar pemilihan Walikota (Pilwalkot) Kota Tangerang.

Hal itu disampaikan pada acara sosialisasi tahapan persyaratan calon pemilihan Walikota dan Wakil Walikota  Tangerang (Pilwalkot) Tengah tahun 2018 di Aula Kecamatan karang tengah, kemarin (7/03/18). Hendri mengatakan dalam sosialisasi pilkada ini dibutuhkan suara pemuda untuk mensukseskan pesta demokrasi berlangsung.

“Hajat Pilkada kota Tangerang ini membutuhkan tenaga pemuda. Dan kita berada disini untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada hajat lima tahun sekali tepatnya hari pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018,” tegas Hendri Sanjaya.

Oleh karena itu kata Hendri, para pemuda diharapkan memiliki konsen terhadap Pilkada. pihaknya berharap pemuda harus berperan menjadi penyelenggara di tingkat KPPS dengan penuh semangat.

“Jangan sampai masyarakat Kecamatan karang tengah, tidak tahu bahwa ada penyelenggaraan Pilkada. Pemuda harus menjadi titik terang pembangunan ke depan,”kata Hendri mengingatkan.

Senada dengan itu Idris, Kadiv pendataan dan teknis PPK Kecamatan Karang tengah, menjelaskan pada Salakanews, tampilnya pemuda dapat membentengi wilayah kecamatan karang tengah. Sebaimana hal yang sering diucapkan disetiap event oleh Camat Karang Tengah Matrobin, Pemerintah membutuhkan pemuda sebagai harapan bangsa. Pemikiran dan inovasi dari semua pemuda, kata Idris diperlukan untuk kemajuan bangsa. Pemuda karang tengah dapat sinergi dengan pemerintah dan masyarakat.

“Maka itu kepada para pemuda yang hadir  untuk menyampaikan kepada masyarakat agar segera kembali sebelum penyelenggaraan pencoblosan”  kata idris.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panwaslucam Karang Tengah Gozali menyampaikan, Bila ada pelanggaran Pilkada hendaknya dilaporkan kepada PANWASLUCAM, adapun terkait pidana maka itu yang menangani pihak kepolisian. Tentunya untuk melakukan pelaporan harus disertai alat bukti atau dokumentasi.

“Jangan sembarangan menyebarkan informasi yang belum jelas melalui handphone. Bila menyebarkan berita bohong maka akan terkena pasal UU ITE,” ujar Gozali.

Sementara Ketua PK KNPI Karang tengah, Adi Saputra mengajak pemilihan kepala daerah ini menjadi penting bagi pemuda untuk menentukan pemimpin lima tahun ke depan.

“Kita masih sebagai penghibur, kelak nanti kita akan menjadi pemain yang akan memimpin bangsa. Kita harus menggunakan hak pilih pada tanggal 27 Juni 2018. Itu sebabnya pemuda harus menggunakan hak pilihnya,” kata Adi Saputra, usai acara dengan penuh semangat

Komisioner KPUD Kota Tangerang Nurhalim pada kesempatan yang sama mengungkapkan Kotak kosong di Banten dalam Pilkada serentak 2018 ini ada tiga kabupaten/kota yang tampil hanya calon tunggal.

“Meskipun calon tunggal tidak bisa aklamasi. KPU harus tetap menjalankan tahapan yang sudah ditentukan,” jelas Nurhalim.

Dikatakannya, calon pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Untuk Pilkada ini hanya bagi masyarakat yang ber-KTP Kota Tangerang berdasarkan hasil Coklit, pemilih bebas menentukan pilihannya. Dalam surat suara nanti ada kolom bergambar pasangan calon dan kolom kosong.

“Mencoblos gambar pasangan calon itu sah. Mencoblos kolom kosong juga sah. Kalau kolom kosong menang, maka akan ada pejabat dari Kementerian Dalam Negeri yang menjadi Penjabat sementara. Pasangan calon boleh ikut menjadi peserta pada Pilkada berikutnya,” ungkap Nurhalim.

Pantauan wartawan Salakanews.com, sosialisasi berjalan lancar dan penuh interaksi antara peserta sosialisasi dengan komisioner KPUD Kota Tangerang. .

Hadir dalam acara itu Sekretariat PPK Chairuman (Opus) dan Nurman, Kapolsekta Ciledug Kompol Supianto,  Ketua Panwaslucam Gozali dan Gerry, Ketua PK KNPI Karang tengah Adi Saputra, Ketua dan Anggota PPK  Karang tengah, unsur pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas sekecamatan karang tengah. Serta Narasumber Komisioner KPU Kota Tangerang Nur Halim, S.Ag. dari Praktisi Nurhakim, Dosen UMT.

Penulis : Edward.

Editor: tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here