SMSI Provinsi Banten diverifikasi langsung Ketua Dewan Pers

0
215
views
Ketua Dewan Pers Prasetyo Adi mengunjungi sekretariat SMSI Provinsi Banten, guna memverifikasi langsung kepengurusan SMSI Banten. (foto: dok.)

Serang, salakanews- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai organisasi media online saat ini tengah gencar melakukan penataan diri, hal itu guna sebagai salah satu syarat pengajuan penetapan organisasi media untuk menjadi konstituen Dewan Pers.

Hingga saat ini, Dewan Pers sudah memverifikasi pengurus cabang SMSI di 8 provinsi, termasuk Banten yang secara langsung diverifikasi oleh Yosef Prastyo selaku Ketua Dewan Pers.

Menariknya, diantara SMSI yang ada di Indonesia, hanya SMSI Provinsi Banten yang diverifikasi secara langsung oleh Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo. Verifikasi dilakukan di Sekretariat SMSI Provinsi Banten, Jalan Jenderal Sudirman nomor 25 Ciceri-Serang.

“Biasanya yang memverifikasi dari tim verifikasi. Namun, khusus untuk Banten, saya yang memverifikasi. Jadi provinsi lain boleh cemburu lah,” ujar Ketua Dewan Pers, Yosef Adi Prasetyo. Senin, (24/09/2018) –

Sebagaimana ketentuan, organisasi Pers dapat ditetapkan menjadi konstituen Dewan Pers sebagaimana halnya PWI, IJTI dan AJI, harus memiliki kepengurusan minimal di 15 provinsi.

Yosep juga meminta kepada SMSI untuk menangkal media online yang abal-abal. Sekaligus dilarang dalam pembuatan memberikan nama media tidak boleh menggunakan nama lembaga atau institusi negara.

“Saya minta SMSI bukan hanya untuk menangkal berita hoax, tapi juga media online yang abal-abal, ada yang memberi nama mirip-mirip lembaga negara dan juga LSM. Ada yg pakai nama KPK, ICW untuk nama media. Ini melanggar,” terangnya.

SMSI Provinsi Banten menerima kunjungan Ketua Dewan Pers Prasetyo Adi untuk melakukan verifikasi. di kantor PWI Banten Ciceri, Serang.
(foto: dok)

Yosep yang akrab disapa Stanley ini juga mengungkapkan, SMSI jika sudah diresmikan menjadi bagian dari Dewan Pers, delegasi SMSI bisa ikut dalam pemilihan anggota Dewan Pers tahun 2022.

Perusahaan media siber di Banten, dari 70 yang terdata oleh SMSI, saat ini baru beberapa Untuk media online yang sudah diverifikasi oleh Dewan Pers, di antaranya tangerangonline.id, newsmedia.co.id, majalahteras dan haluanbanten.co.id.

“Dewan pers akan diperluas dari sembilan anggota mungkin menjadi 15 anggota,” kata Yosep. Turut hadir daklam acara itu Sekjen SMSI pusat Firdaus, Ketua SMSI Provinsi Banten Junaidi, Sektetaris SMSI Provinsi Banten Rapih Herdiansyah serta pengurus SMSI Provinsi Banten lainnya.

(red.)