Sebanyak 154 KK Terdampak Covid-19 di Jayanti, Tangerang Terima Dana BLT

0
407
views

Tangerang, salakaNews – Sebanyak 154 Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial RI di desa Jayanti, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, (4/5/20).

Pencairan Bantuan tersebut dihadiri oleh Dirjen PFM didampingi Direktur PFM Wilayah II, I Wayan Wirawan, Babinsa TNI AD, serta perwakilan dari PT Pos Indonesia.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Asep Sasa Purnama, menjelaskan, Bantuan tersebut merupakan bagian perlindungan pemerintah kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Bansos Tunai ini lebih ditujukan bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan dari Kemensos,” kata Asep

BST atau sebelumnya lebih dikenal BLT ialah salah satu program dalam jaring pengaman sosial sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Bantuan tersebut berupa uang senilai Rp 600.000 (Enam Ratus Ribu Rupiah) yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya selama 3 bulan ke depan, dimulai dari April hingga Juni 2020.

“Melalui bantuan sosial tunai ini, tentu kita berharap masyarakat mampu bertahan hingga masa Covid-19 berlalu,” ujarnya.

Ada pun kategori Keluarga penerim manfaat yakni keluarga miskin, tidak mampu dan kelompok rentan yang terkena dampak Covud-19, yang belum menerima bansos reguler, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako.

Mekanisme BST disalurkan langsung ke rumah–rumah penerima manfaat melalui PT Pos Indonesia bagi penerima yang tidak memiliki rekening di bank Himbara. Seperti BNI, Mandiri, BRI, serta BTN.

“Data penerima manfaat diinput oleh Pemda, lalu kami cek dan dipastikan yang menerima BST adalah bukan penerima PKH dan bansos sembako,” ucap Dirjen PFM.

Di Provinsi Banten di wilayah II, disalurkan di enam kabupaten/kota. Di antaranya Kota Cilegon 15.867 KK, Kota Serang 16.344 KK, Kabupten Lebak 82.198 KK, Kabupten Pandeglang 54.806 KK, Kabupten Serang 71.327 KK, serta Kabupaten Tangerang 102.727 KK. Total dari alokasi pagu sebanyak 343.269 KK.

Sementara Bupati Tangerang Zaki Iskandar, menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Menteri Sosial, pemberian di bulan baik ini. Mudah-mudahan menjadi kebaikan bagi kita semua dan semoga wabah ini cepat selesai,” ujar Bupati Zaki.

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here