Ratu Tatu Chasanah Resmi Buka Jumbara PMI Provinsi Banten

0
289
views
ketua PMI Provinsi Banten Tatu Chasanah Buka Jimbara di Pupitek Tangsel (foto: dok)

Kota Tangsel, salakaNews.com – Ketua PMI Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah resmi membuka Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) III PMI Provinsi Banten, bertempat di Lapangan Puspiptek, Setu, Kota Tangsel, Selasa (18/9).

Kegiatan Jumbara III tingkat Provinsi Banten tahun 2019 mengusung tema “Kita tangguh Indonesia Maju”.

Ketua PMI Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah, mengatakan, PMI sebagai organisasi kemanusiaan berperan aktif membantu pemerintah dengan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, mulai dari tugas ke-palang merahan hingga saat normal.

Sebagai pelayanan kesiap siagaan maupun pada saat bencana dengan pelayanan tanggap darurat.

Ketua PMI Banten Tatu Chasanah saat menyampaikan pandangan terkait kiprah PMI selama ini untuk kepentingan masyarakat (foto: dok)

“Jumbara ini sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan berkesinambungan bagi generasi muda,”ujar Tatu dalam pembukaan Jumbara di Puspiptek, Tangsel.

Lebih lanjut Tatu mengatakan, kegiatan Jumbara dikemas guna mempertemukan para relawan muda dari berbagai tingkatan untuk sama-sama belajar, bertukar pengalaman, memantau, dan mengevaluasi proses pembinaan yang selama ini sudah berjalan.

Jumbara dilaksanakan mengikuti kebutuhan remaja yang didalamnya terdapat berbagai pembinaan mulai dari penguatan pengetahuan serta keterampilan, sikap serta penguatan rasa peduli terhadap sesama melalui bakti sosial di masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan segenap jajaran PMI Provinsi Banten mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota Tangsel sehingga penyelenggaraan Jumbara ini bisa berjalan sesuai dengan rencana,” katanya.

Selain itu kata Tatu, PMI Provinsi Banten akan terus berupaya melakukan pembinaan dan pembenahan dalam memberikan pelayanan kepalangmerahan khusus pembinaan suka relawan muda yaitu PMR yang ada di sekolah.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diani saat menghadiri acara Jumbara PMI di Puspitek kota Tngsel (foto: dok)

Saat ini tercatat sebanyak 13.679 relawan se-Banten terdiri dari PMR, KSR dan TSR yang tersebar di PMI Kabupaten/Kota se Banten.

“Dari data tersebut banyak yang harus ditingkatkan dalam hal ini, tugas bersama antara pengurus PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota serta dukungan semua pihak, sebab relawan adalah asset organisasi yang berharga dan sangat penting dalam proses pelaksanaan tugas kemanusiaan,” singkatnya.

Dikatakannya, selama kurang lebih 2 tahun, PMI Banten telah menyelenggarakan 13 pelatihan yang bersifat management maupun untuk menunjang pelayanan PMI di Provinsi Banten.

Hadir dalam acara itu walikota Tangsel Airin Rachmi Diani, Wakil walikota Tangsel Benyamin Davnie, dan pejabat Pemkot Tangsel lainnya. Pada kesempatan itu Benyamin Davnie, mengatakan, kegiatan tersebut telah diikuti sebanyak 350 anggota PMI Kabupaten/Kota se Banten.

“Dalam pelaksanaan Jumbara, Tangsel mengirimkan sebanyak 20 peserta dari PMI Tangsel. Jumbara ini diikuti dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas  (SMA) yang berlangsung hingga 19 September,” kata Bang Ben.

Editor: Tam