Raden Mattaher Dinobatkan Sebagai Pahlawan Nasional

0
22
views
Raden Mattaher tokoh perjuangan kemerdekaan asal Jambi dinobatkan sebagai pahlawan nasional (foto: wahid)

Muaro Jambi, salakaNws.com – Tokoh Jambi Raden Mattaher dinobatkankan sebagai pahlawan Nasional, penganugerahan tersebut diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada akhir tahun lalu (November 2020).

“Pada November bulan lalu, datuk kita Raden Mattaher diberi gelar Pahlawan Nasional oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Saya ucapkan Selamat kepada Datuk Kita Raden Mattaher, jasa beliau luar biasa untuk Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi dan alhamdulillah, keluarga beliau Raden Mattaher berkenan berkunjung di negeri Sailun Salimbai ini”, ungkap Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan Masnah, pihaknya merasa bangga jika Raden Mattaher merupakan salah satu tokoh perjuangan yang turut andil dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Oleh karena itu kata dia, keluarga besar dan cucu dari Pahlawan Nasional tersebut berkenan berkunjung di Negeri Sailun Salimbai Muaro Jambi.

Dalam acara tersebut Bupati Muaro Jambi menyambut kedatangan Cucu Raden Mattaher, Ratumas Siti Aminah Ningrat beserta rombongan. Dalam rangka menyerahkan gelar dan plakat Piagam pahlawan nasional Raden Mattaher, Bertempat di Rumah Dinas Bupati area perkantoran Bukit Cinto Kenang, Muaro Jambi.

Acara Penyambutan gelar dan plakat Piagam pahlawan nasional Raden Mattaher ini dihadiri oleh DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Ahmad Haikal, Forkopimda Kabupaten Muaro Jambi, Kalpores beserta anggota, Pengadilan Negeri, Kejari, Lembaga Adat Kabupaten Muaro Jambi, dan para OPD dilingkup Kabupaten Muaro Jambi.

Sementara cucu almarhum Raden Mattaher, Ratumas Siti Aminah menyampaikan terimakasih atas apresiasi pemkab Muaro Jambi yang diberikan kepada keluarga Raden Mattaher. Ratumas Siti Aminah berjanji dan bertekad kuat bersama keluarga besarnya untuk mempertahankan maruah serta martabat kehormatan nama baik Raden Mattaher sebagai Pahlawan Nasional.

“Adinda saya menghargai saya karna telah mengundang kesini saya sungguh luar biasa senang terharu. Saya berterima kasih” Kata Ratumas Siti Aminah

Ratumas mengajak kepada seluruh hadirin yang ada untuk terus menerukan perjuangan para pahlawan dengan membangun daerah.  “Kita dukung perjuangan adinda Masna Busyro membangun negeri ini sampai tuntas”, ujarnya.

Editor: tam

Reporter: Wahid NR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six − 1 =