Puluhan Tahun Jalan Rusak, Warga Tiga Desa di Carita Bangun Jalan Hasil Swadaya

0
862
views

SalakaNews, Pandeglang – Warga tiga desa di Kecamatan Carita terpaksa harus membangun jalan Kawoyang – Cinoyong yang berlokasi di Kampung Kadubetus, Desa Kawoyang, Kecamatan Carita dengan hasil swadaya.

Warga tiga desa tersebut yakni, Desa Kawoyang, Cinoyong dan Desa Sukanegara. Dari hasil swadaya dari masyarakat tersebut diperkirakan dapat membangun jalan sepanjang 60 meter.

Demikian yang disampaikan salah seorang warga Kecamatan Carita, Atang Maualan. Ia mengaku jika masyarakat sekitar sudah merasa jenuh dengan kondisi jalan yang rusak parah yang dibiarkan hingga puluhan tahun tersebut.

“Kami sudah tidak kuat dengan kondisi jalan ini, mana jarak jalan yang rusak ini lumayan panjang. Sehingga menghambat aktifitas masyarakat,” kata Atang, Minggu (16/9/2018).

Ketua Pelaksana pembangunan, H. Rahmat mengaku jika jalan tersebut seringkali memakan korban lantaran kondisi jalan yang rusak parah. Bahkan para pemilik kendaraan sering mengeluh lantaran roda dua dan empatnya sering kali rusak akibat jalan.

“Terutama yang sangat membahayakan sehingga banyak memakan korban itu di tanjakan, karena selain jalan rusak parah hanya beralaskan kerikil dan tanah, tanjakannya juga sangat curam. Makanya tidak sedikit masyarakat yang beraktivitas mengeluhkan kondisi itu,” ungkap Rahmat.

Sementara itu, Kades Kawoyang, Masrudi membenarkan jika kondisi jalan yang rusak parah tersebut sudah dibiarkan lama oleh Pemkab Pandeglang. Sehingga masyarakat beserta pihak dari ketiga desa melakukan swadaya untuk pembangunan jalan.

“Sebetulnya jalan Bengras-Kawoyang sedang dilakukan pembangunan oleh Pemkab Pandeglang. Tapi, itu tadi pembangunan yang sedang berjalan itu, belum seluruhnya mengakomodir jalan ini. Makanya, masyarakat berinisiatif melakuka swadaya untuk membangunnya. Saya sangat mendukung sekali kemauan itu, karena dapat menumbuhkan rasa kepedulian seluruh masyarakat,” kata Masrudi disela-sela gotong royong.(Zis/Red)