Peringati Hari Kartini, SDN Taman Cibodas Gelar Pentas Seni

0
1564
views
Siswa SDN Taman Cibodas, Kecamatan Periuk, kota Tangerang saat mementaskan kemampuannya dibidang marawis, pada peringatan Hari Kartini. (foto:Rian/Salakanews)

“Penyelenggaraan acara ini diyakini bukan sekedar euphoria tahunan, seperti kontest kecantikan perempuan dan pamer busana, melainkan penghargaan terhadap jasa besar pahlawan yakni Ibu RA Kartini” –Tina; Wali Murid SDN Taman Cibodas

Salakanews, Kota Tangerang- Bertepatan dengan Hari Lahir Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau Raden Ayu Kartini yang juga masyhur disapa Ibu Kartini ini, Sekolah Dasar Negeri Taman Cibodas, Kecamatan Priuk menyelenggarakan Hari Kartini dan juga Hari Bumi, dengan tema “Gebyar Pentas Seni dan Prestasi”, sekaligus dukungan terhadap program “Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Model” Sabtu, (21/04/2018).

Peringatan yang meriah tersebut sedikitnya dihadiri oleh Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Guru, pengurus sekolah, seluruh siswa beserta wali murid, dan tamu yang hadir.

Acara yang diselenggarakan di halaman Sekolah yang berada dekat dengan pintu utama (pintu depan) gedung sekolah ini diwarnai oleh murid serta wali murid dengan busana yang bervariatif, mulai dari yang mengenakan busana ala Ibu Kartini (kebaya), Busana Muslim, dan beberapa Seragam yang dikenakan, seperti Seragam Beladiri Pencak Silat, Beladiri Karate, Pramuka, Olahraga, dan Seragam Paskibra.

Kemeriahan acara tersebut tak lepas dari antusias yang tinggi dari tamu yang hadir dan juga wali murid tak mau ketinggalan dalam berbusana terhadap cinta berbudaya, ya “Hari Kartini”.

Siswi SDN Taman Cibodas, Kec. Periuk, Kota Tangerang. pada perayaan Hari Kartini.
(foto: Rian/Salakanews)

Tina, salah satu wali murid mengatakan, penyelenggaraan acara ini diyakini bukan sekedar euphoria tahunan, seperti contest kecantikan kaum perempuan dan pamer busana, melainkan penghargaan terhadap jasa besar pahlawan serta sebagai cerminan pelestarian budaya yang selama ini telah menjadi ikon budaya daerah dan bahkan menjadi ikonik Indonesia. Terlebih tokoh wanita heroik yang berjasa besar yakni, ‘Ibu Kartini’.

“Beliau salah satu pahlawan wanita yang telah memotivasi banyak kaum wanita untuk tidak kalah oleh kaum lelaki dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, dan budaya”. Ujar Tina bersemangat.

Ketua Panitia Mama Alif pada kesempatan itu menyampaikan rasa terimakasih pada tamu dan wali murid yang hadir atas dukungan dan kerjasamanya dalam menyukseskan acara tersebut.

“Terimakasih banyak atas dukungan dan kerjasamanya dengan terselenggaranya acara ini, serta tak lupa pula apresiasi atas didikan para Bapak/Ibu guru yang tak pernah letih mengajar murid – murid dengan sabar dan tekunnya, juga semua wali murid diharap semakin solid dalam kerjasamanya untuk terus mengawasi apapun kegiatan anak – anaknya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kepada tamu undangan khususnya seluruh wali murid yang hadir untuk kerjasamanya dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“jangan sampai sampah berserakan dimana – mana dan menimbulkan wabah penyakit” tandasnya.

tamu undangan beserta pihak penyelenggara acara hari Kartini di SDN Taman Cibodas, Kec. Periuk, Kota Tangerang.
(Foto: Rian/Salaknews)

Kepala Sekolah SD Negeri Taman Cibodas Tin Kartini pada kesempatan yang sama mengatakan, selain memperingati Hari Kartini dan  Hari Bumi, acara tersebut juga diklaim sebagai hajat sekolahnya, menuju sekolah bertaraf nasional. Dengan demikian, program untuk mencapai Sekolah Bertaraf Nasional tidak dapat berjalan dengan mudah tanpa adanya dukungan dari wali murid serta masyrakat sekitar.

“Mudah – mudah kedepannya kita bisa menghantarkan anak – anak kita sampai pada tingkat Nasional setelah sampai pada tingkat kota pada kontes lalu, dan mudah mudahan anak – anak kita kelak menjadi orang yang berguna dan berakhlak mulia,” harapnya.

Disela acara, hal yang menarik muncul di hadapan para hadirin yang sangat antusias. Ada sebuah pertunjukan dari belasan siswa kelas 5 SD itu yang tergabung kedalam kelompok paduan suara dengan memperlihatkan kekompakannya dengan dua buah lagu, pertama “Mars SD Negeri Taman Cibodas”, kedua, “Mars Priuk Bisa”. Lagu kedua diciptakan oleh Bapak Epi Sumarna, M.Pd selaku UPT Pendidikan Kecamatan Priuk. Kemudian disambung dengan persembahan dari kelompok Marawis yang tak kalah menakjubkan.

Sementara acara menarik lainnya yaitu pembacaan puisi, atraksi beladiri Karate, pencak silat, Marcing Band, Pantomim, dan Pramuka. tak kalah serunya aksi paduan suara yang dipersembahkan oleh wali murid yang amat menjiwai laksana Kartini pada masanya.

Acara meriah tersebut pun akhirnya ditutup dengan sesi menyanyikan lagu “Iwan Fals – Kemesraan” secara bersama – sama, kemudian ramah tamah dan foto bersama dengan guru –  guru, murid – murid, wali murid, serta do’a penutup yang dipimpin langsung oleh Pak Ondi selaku guru yang membidangi Agama Islam.

Rep: Rian

Ed: Tam