Pegiat Media Massa di Tangerang Ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia

0
99
views
M.Lutfi Baihaqi, Kepala Kantor Bahasa Banten saat memberikan materi kebahasaan di sekretariat PWI kab. Tangerang (foto: istimewa/salakaNews)

Tangerang, salakaNews.com-  Kantor Badan Bahasa provinsi Banten menggelar kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia bagi pelaku media massa di gedung sekretariat PWI kabupaten Tangerang, Jalan perintis kemerdekaan II, komplek perkantoran Cikokol, kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten Rabu (9/10).

Kepala kantor Badan Bahasa Banten, M.Lutfi Baihaqi, mengatakan, pentingnya penyuluhan itu diharapkan setiap berita yang ditulis awak media sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar. “Banyak berita yang diproduksi oleh media massa tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar,” kata Lutfi.

Oleh karena itu kata dia, dalam kegiatan tersebut diharapkan sudah saatnya media massa menjadi contoh yang baik pada khalayak, jangan sampai artikel atau pun tulisan yang dirujuk oleh masyarakat menjadi rancu dan membingungkan.

“ terutama bagi dunia pendidikan, baik guru maupun siswa seringkali jika mengumpulkan klipingan koran atau pun artikel terdapat banyak kesalahan dalam sebuah bahasa yang digunakan,” katanya.

peserta penyuluhan bahasa Indonesia beserta panitia acara foto bersama dengan pemateri dan dinas kominfo Tangerang (foto: istimewa/salakaNews)

Dikatakan Luthfi, selain pengutamaan bahasa Indonesia di ranah publik, pelindungan bahasa daerah juga harus dilakukan. oleh karena itu peran pemerintah daerah perlu ditingkatkan dalam pengembangan dan pelindungan bahasa daerah, termasuk penetapan muatan lokal bahasa daerah di ranah pendidikan.

Di Provinsi Banten, lanjut M. Luthfi, ada empat bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Banten, yaitu bahasa Jawa Banten, bahasa Sunda Banten, bahasa Melayu Betawi, dan bahasa Lampung Cikoneng yang berada di Anyer, Kabupaten Serang.

pada kesempatan yang sama, Mulyani, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi kota Tangerang, mengatakan, kegiatan tersebut sangat berkaitan dengan tugas kominfo tak hanya berfungsi sebagai penyebar informasi, tetapi juga menyebarkan informasi secara baik dan benar.

“melalui acara ini, mudah-mudahan setiap media dapat menyebarluaksan informasi dengan bahasa yang baik, berkaitan dengan pembangunan, sehingga pembaca tertarik untuk dengan kota Tangerag,” katanya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti puluhan pegiat Media dari kabupaten dan Kota Tangerang, Narasumber yang hadir Aat Surya Safaat  memberikan materi terkait kebahasaan dan Jurnalistik.

(tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =