Musibah Asap Belum Juga Usai, Empat Rumah di Maro Sebo, Muaro Jambi Ludes Terbakar

0
563
views
Kebakaran Rumah di Maro Sebo, Muaro Jambi (foto: Wahid/salakaNews)

Muaro Jambi, salakaNews – Sebanyak empat rumah di RT 04, kelurahan Jambi Kecil, kecamatan Maro Sebo, kabupaten Muaro Jambi, ludes terbakar. kebakaran terjadi sekira pukul 10:00 WIB.

Dari ke empat rumah tersebut  hanya ada satu yang masih tersisa, sementara ketiganya ludes dilalap si jago merah, tak lama berselang tim Damkar datang memadamkan api yang terlihat sudah menjalar kemana-mana.

Meski telat datang satu jam, namun tim berhasil memadamkan api sehingga ada satu rumah yang masih tersisa. Mengingat jarak Mobil Damkar yang cukup jauh dari lokasi kejadian. Sedangkan pemilik rumah yang terbakar masing-masing bernama, Yadi(45), Nyai Seni (87), Mamat (45), dan Namin (54), (22/9).

tiga unit Damkar dikerahkan ke lokasi rumah terbakar di Maro Sebo, Muaro Jambi (foto: Wahid/salakaNews)

Sariman, warga kelurahan Jambi Kecil mengapresiasi kinerja Damkar kabupaten Muaro Jambi, meski begitu ia juga meyangakan mnimnya pasilitas yang dimiliki, termasuk UPT (Unit Pelayanan Teknis) Damkar di Kecamatan Maro Sebo.

“Saya berharap kedepan, Pemda kabupaten Muaro Jambi membangun pasilitas UPTD Damkar di kecamatan Maro Sebo, agar kejadian bisa teratasi dengan cepat,” ujarnya.

Sementara Irwanto, Lurah Jambikecil mengatakan, pihaknya telah terjun ke lokasi kejadian bersama tiga unit mobil Damkar. Menurt Irwan, cepatnya api menghabiskan seisi rumah, lantaran sebagian besar terbuat dari kayu, sehingga api cepat merambat.

“Tiga rumah yang berbahan baku dari kayu itu habis ludes di makan api hanya tinggal puing-puing tiang rumah saja, nanun satu rumah berhasil di selamatkan pihak Damkar dan dibantu warga”. Kata Irwanto.

warga Jambi kecil,  Maro Sebo, Muaro Jambi ikut membantu Tim damkar memadamkan api yang terus berkobar melalap sejumlah rumah warga (foto: wahid /salakaNews)

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.  Sementara pada saat kejadian penghuni rumah tengah berada di luar  dan menjalankan aktivitasnya masing-masing.

Irwanto menambahkan, Penyebab kebakaran hingga kini belum di ketahui, sementara pihak kepolisian dari Polsek Maro Sebo masih melakukan penyelidikan.

Yanto Raden, Ketua LSM WARASS kabupaten Muaro Jambi berharap kepada Pemkab setempat, untuk segera membantu meringankan beban para korban musibah kebakaran. Hal itu kata dia, para korban saat ini tidak lagi memiliki harta benda yg bisa diselamatkan.

“Di kesempatan ini saya menghimbau kepada pemerintah daerah untuk cepat tanggap memberikan bantuan kepada korban musibah kebakaran, melalui Dinas Sosial dan Baznas, jika perlu data dan berikan bantuan bedah rumah kepada korban.” Tandasnya.

Editor: Tam

Reporter: Wahid NR.