Manfaat Program Irigasi P3A Mampu Dongkrak Perekonomian Masyarakat

0
173
views

Pandeglang, salakaNews – Dengan adanya Program Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan untuk terjaminnya penyediaan air bagi petani.

Dikatakan Saepul Hakim, Ketua pelaksana P3A Desa Koranji , Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Pembangunan irigasi tersebut dapat memberi manfaat bagi para petani dan dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat melalui hasil pertanian.

Menurutnya, masyarakat petani di Blok Karohel, Ci Endut dan Kadu Garen sangat terbantu dengan adanya pembangunan irigasi dari kementerian PUPR melalui balai besar wilayah sungai (BBWS) ini sangat manfaat bagi petani untuk meningkatan perekonomian masyarakat di pedesaan.

“Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan untuk terjaminnya penyediaan air,” ujarnya.

Senada dikatakan Haerani , selain sebagai upaya untuk kelancaran sistem pengairan air di persawahan, normalisasi pengairan ini juga dimaksud untuk mencegah ancaman banjir saat puncak musim hujan tiba.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat petani di Desa Koranji tetap bisa menanam padi saat musim kemarau,” kata Haerani, Kamis (22/10/20).

Supiani, salah seorang petani mengatakan, berkat adanya Irigasi di areal persawahan di desanya, air mengalir dengan lancar sehingga sawah teraliri dengan baik.

“Saya senang dengan dibuatnya irigasi ini, karena air mengalir dengan lancar dan sawah kami teraliri dengan baik. Sebelum adanya Irigasi ini sawah kami selalu kesulitan dengan air,” ungkap Supiani. (Land/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 4 =