KKM UNTIRTA Sosialisasi Tumbuhkan Kesadaran Berkoperasi Pada Petani

0
411
views
KKM UNTIRTA Gelar Sosialisasi Koprasi Tani di Desa Banjarnegara, Kec. Pulosari, Pandeglang, Banten. (foto: Land/SalakaNews)

SalakaNews, Pandeglang- Sebagai wujud pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui Kelompok Kerja Mahasiswa (KKM) yang ke -35  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Koperasi Tani (SKT) di alun-alun Taman Pintar Desa Banjarnegara, Kecamatan Pulosari, Pandeglang. Kegiatan itu dillakukan mengingat melimpahnya Potensi Pertanian yang ada di Desa tersebut, (30/07/18).

Keberadaan Koperasi juga dinilai mampu mendorong terwujudnya kesejahteraan perekonomian Masyarakat, oleh karena itu pentingnya sebuah kesadaran bersama agar tercapai  cita-cita luhur tersebut. Penyelenggara kegiatan yang dilakukan oleh 19 Mahasiswa itu diapresiasi secara positif dan antusias oleh masyarakat setempat, pihak panitia juga mengoptimalkan kegiatan mengingat potensi pertanian yang dinilai dapat meningkatkan produksi pangan, terutama hasil produksi tani di Desa Banjarnegara Kecamatan Pulosari yang mesti di kembangkan.

Nukman Paluti, Ketua Kelompok KKM UNTIRTA mengatakan, pihaknya  sangat berterimakasih pada Masyarakat Desa Banjarnegara yang telah ikut serta  menghadiri undangan dalam kegiatan Sosialisasi Koperasi Tani yang diselenggarakannya itu.

“saya ucapkan banyak-banayak terimakasih kepada Masyarat Desa Banjarnegara yang sudah mengahdiri acara sosialisai ini”ungkapnya singkat.

Ia berharap, dengan adanya Sosialisasi tersebut dapat menumbuhkan pemahaman dan kesadaran petani guna  mendongkrak perekonomian Desa. Dengan begitu, ketika  kesadaran berkoprasi sudah menjadi trend di masyarakat pertanian, bukan tidak mungkin kesejahteraan di desa tersebut dapat dicapai dengan mudah.

Masyarakat Petani desa Banjarnegara, kecamtan Pulosari mengikuti sosialisasi Koprasi Tani yang diselenggarakan Kelompok Kerja Mahasiswa Untirta, di taman Baca desa Banjarnegara. (foto: land/salakaNews)

“kami berharap, dengan kegiatan seperti ini,  bisa mendongkrak Perekonomian Masyarakat Desa Banjarnegara”tuturnya

Sekretaris Desa Banjarnegara Sumardi, sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa yang tengah melakukan KKM tersebut, ia berharap kegiatan itu dapat membangun sebuah kesadaran kolektif yang ada di desanya.

“Potensi yang ada di Desa ini (Banjarnegara) belum dimaksimalkan, terutama bidang pertanian. Oleh karenanya , saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya mendongkrak perekonomian warga,“ Ujar Sumardi.

Misrudin, narasumber Kegiatan Sosialisasi Koperasi Tani menyampaikan, Upaya pembentukan Koperasi ini dapat membantu peningkatan harga jual hasil tani dan dapat memotong eksploitasi ”Lintah Darat”, tengkulak, dan pedagang besar yang selama ini dinilai meresahkan Para Petani dengan menekan tingkat harga jual hasil tani.

“dengan pembentukan Koprasi diMasyarakat Tani, bisa meningkatkan harga jual hasil petani, Maka dari itu perlu adanya koperasi tani sebagai instrumen dalam mengakomodir hasil tani Masyarakat Desa dengan daya jual yang tentu akan meningkat,” Kata Misrudin, yang bergerak di Yayasan Koperasi Damar Leuit ini.

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Kelompok Tani, Rukun Tetangga(RT), Rukun Warga (Rw),dan Tokoh perempuan Desa Banjarnegara.

Saruman,Ketua Kelompok Tani Desa Banjarnegara berharap dengan adanya kegiatan SKT yang digagas Oleh KKM Untirta, bisa menjadi solusi bagi para petani untuk mewujudakan peningkatan Perekonomian masyarakat sekitar.

” dengan adanya kegiatan ini semoga para Petani bisa lebih maju secara ekonomi dari hasil pertaniannya, selain itu  semoga kelompok tani segera terbentuk dan berjalan agar wadah ini dapat  berperan untuk kemajuan petani kea rah yang lebih baik,” harpnya.

Rep:  Land

Ed:  tam