Kapolri Tito: Dengan Kebersamaan, Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda Cepat Teratasi,

0
92
views
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memberikan sambutan seusai shalat dzuhur, 5 hari pasca Tsunami selat Sunda di Masjid Caringin, kecamatan Labuan, Kab. Pandeglang Banten. (foto: erland/salakaNews)

Pandeglang, salakaNews- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian mengatakan dalam meneyelesaikan setiap ujian dan permasalahan yang terjadi harus secara bersama, karena kebersamaan merupakan kunci untuk bangkit dari ujian yang dihadapi

“Dampak dari musibah ini banyak sekali kerusakan yang terjadi, dengan kebersamaan kita bahu membahu antara Pusat, Polri, TNI, Provinsi, Daerah dan relawan  bergerak bergotong royong untuk membangun kembali dari apa yang terjadi saat ini,” kata Tito seusai sholat dzuhur bersama di masjid agung caringin,  setelah menghadiri Haul Masyayik di Kampung Kananga, Kamis (03/01/2018).

Menurutnya, kebersamaan itu tetlihat saat pengevakuasian warga yang menjadi korban bencana Tsunami, sehingga dapat terlaksana dengan cepat, baik yang meninggal maupun yang luka berat atau ringan, semua teratasi dengan baik, hal ini karena berkat kerjasama yang baik.

kapolri Titokarnavian ketika berada di Caringin, kecamatan Labuan, Pandeglang pasca Tsunami selat sunda  (Foto:erland/salakaNews)

Lebih lanjut Tito mengatakan, Negara Indonesia merupakan kepulauan yang memiliki banyak sekali aktivitas gunung berapi, oleh sebab itu masuk kedalam Ring Of Fire. Sehingga potensi bencana alam cukup signifikan.

“lebih dari 100 gunung api, selain itu ada lempengan di bagian selatan Indonesia sehingga mengakibatkan terjadinya gempa bumi,” jelasnya.

Saat ini masih ada beberapa warga yang berada di pengungsian, entah itu karena rumahnya rusak atau trauma healing akibat bencana Tsunami, dalam menghadapi persoalan ini pihaknya akan melakukan rekontruksi setelah tanggap darurat selesai.

Terpisah, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, dalam evakuasi korban bencana dibantu oleh seluruh lapisan, mulai dari TNI, POLRI, BNPB, BPBD, Relawan, Organisasi Pemuda, Organisasi Kemasyarakatan dan seluruh laoisan masyarakat lainnya. tanpa bantuan semua pihak, evakuasi korban tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu pihaknya sangat berterimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak atas semua bantuan yang diberikan.

“Tanpa bantuan mereka, mungkin pengevakuasian tidak akan secepat ini,  balum lagi kami dibantu dalam masa tanggap darurat, kami ucapkan terimakasih kepasa semua lapisan yang terlibat,” ujar Irna.

Hadir dalam acara ini Panglima TNI Marskal TNI Hadi Cahyanto,  Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Komandan Korem 064 MY Kolonel Inf Windiyatno, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa.

 

Rep: Land

Ed: Tam