FEB Universitas Mercu Buana Menggelar Pelatihan Akuntansi untuk Guru SMK Akuntansi Wilayah Tangerang

0
40
views

Akuntabilitas laporan keuangan menjadi hal yang penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Mengingat laporan keuangan yang akuntabel menciptakan transparansi sekaligus membangun kepercayaan di antara pihat-pihat terkait, dan juga dapat menyediakan basis keputusan yang informasional bagi manajemen dan pemangku kepentingan. Menyadari pentingnya hal tersebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana (FEB- UMB) menggelar acara bertajuk “Coaching Clinic: Designing The Interactive Practical-Based Accounting Cycle Reference for Vocational High School”.

Acara tersebut merupakan bentuk Pengbadian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Universitas Mercu Buana sebagai pergurutan tinggi berpredikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Pergurutan Tinggi (BAN-PT) selalu rutin menggelar acara PkM yang dilaksanakan Dosen dan Mahasiswa. Acara dihadiri 19 perwakilan guru SMK Akuntansi wilayah Tangerang.

Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana dan MGMP Kota Tangerang

Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu (27/01) itu merupakan hasil kerjasama FEB-UMB dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Kota Tangerang. Acara dibuka oleh Mira Christiana, S. Kom., Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Tangerang Bidang Kurikulum, dan dilanjutkan Ketua MGMP Akuntansi Kota Tangerang Yanti Ariani, SPD., M.AK.

Dalam sambutannya Mira menyambut antusias acara tersebut. “Acara coaching clinic ini sangat penting karena dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan akuntansi serta memperoleh informasi terkini terkait perubahan standar akuntansi dan peraturan perpajakan yang berlaku saat ini.”

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemaparan Dr. Febrian Kwarto, Dosen Tetap UMB mengenai pengetahuan dan pemutakhiran perkembangan Akuntansi dan perpajakan dari sisi teori dan praktek. Febrian yang seorang praktisi dan mempunyai Kantor Jasa Akuntan (KJA) membagikan pengalamannya membantu banyak perusahaan dalam menyusun laporan keuangan dan jasa audit. Pengalaman serupa dicerikan Dr. Afly Yessie, Dosen Tetap UMB yang juga seorang auditor dala mengaudit dari klien-klien perusahaannya.

Seluruh materi Siklus Akuntansi mengenai bagaimana memahami proses transaksi dari sudut pandang akuntansi, pajak dan audit disiapkan oleh tim PkM yang terdiri dari Fitri Indriawati, SE., M.Si., Minanari, SE., M.Si., Triyani Budyastuti, SE., M.Ak., dan Retno Puji Astuti, SE., M.Ak.

Kegiatan pelatihan ini dilengkapi dengan penyelesaian siklus akuntansi lengkap dari bukti-bukti transaksi yang disiapkan oleh Tim PkM . Setiap bukti transaksi dibahas rinci dari sisi akuntansi, pajak dan auditnya diharapkan dapat diselesaikan sampai dengan penyajian laporan keuangan.

Rencananya acara coaching clinic ini akan dilanjutkan secara daring pada 24 Februari  mendatang dengan agenda melanjutkan penyelesaian siklus akuntansi dan pembuatan book chapter sebagai salah satu luaran pelatihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here