Fasilkom UMB Menggelar Workshop Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi Peningkatan Produktivitas Pertanian

0
38
views
Tim PkM Fasilkom Universitas Mercu Buana Bersama Peserta Pelatihan di Desa Cileungsi

Teknologi digital telah memberikan dampak siginifikan bagi hampir seluruh sektor industri, termasuk pertanian. Pemanfaatan teknologi digital menjadi penting sebagai solusi bagi peningkatkan produktivitas pertanian. Menyadari hal tersebut Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana melakukan kegiatan seminar dan workshop kepada para petani pada Jum’at (08/03/24) dengan tema “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kewirausahaan Bagi Kelompok Tani di Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor”.

Acara tersebut merupakan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Universitas Mercu Buana sebagai perguruan tinggi berakreditas Unggul setiap tahun rutin menggelar acara PkM yang dilakukan oleh seluruh dosen.

Baban Subandi, Amd, Kepala Desa Cileungsi, dalam sambutannya berharap kegiatan ini bermanfaat untuk kelompok tani di desanya. “Saya berpesan semua peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh rangkaian acara sampai dengan selesai.  Mungkin tidak cukup dengan sekali acara ini akan dapat langsung dipraktekkan, namun bisa menjadi bekal berupa penerapan ilmu teknologi informasi dalam bidang pertanian.”

Puluhan peserta yang hadir di Aula Balai Desa Cileungsi itu mendapat berbagai materi mengenai bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang ada untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Empat narasumber yang berasal dari dosen Fasilkom Universitas Mercu Buana Prgram Studi Sistem Informasi itu memberikan materi antara lain Memanfaatkan ChatGPT dalam Bidang Pertanian (Adi Hartanto, ST, M.Kom), Peluang dan Tantangan Transformasi Digital melalui Komunitas Kelompok Petani (Nur Ismawati, ST, M.Cs), Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Mikro Berbasis Android untuk Meningkatkan Produktivitas Petani (Dwi Anindyani, ST, M.TI),  dan  Pelatihan Penggunaan Media Aplikasi Berbasis Android bagi Kelompok Tani (Ir. Fajar Masya, MMSi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here