Cegah Pergaulan Bebas Dinkes Pandeglang Siapkan Pelayanan Khusus di setiap Puskesmas

0
619
views

SalakaNews, Pandeglang – Dalam rangka mencegah pergaulan bebas dikalangan remaja Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang kini memiliki pelayanan khusus di setiap Puskesmas. Hal tersebut merupakan salah satu solusi agar para remaja mewaspadai bahayanya pergaulan bebas.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinkes Pandeglang Raden Dewi Setiani kepada SalakaNews. Ia mengaku jika pelayanan khusus untuk kesehatan reproduksi dan seksual di setiap Puskesmas, pelayanan tersebut melayani pemeriksaan kehamilan bagi remaja, konseling masalah kesehatan seksual, dan konsultasi kejiwaan remaja.

“Untuk kesehatan remaja itu sendiri, puskesmas harus melayani khusus untuk remaja dalam bentuk pelayanan dasar seperti pelayanan kesehatan reproduksi dan seksual, karena untuk mengontrol penyebaran penyakit menular seperti HIV dan AIDS,” Kata Dewi.

Untuk menjaga rahasia bagi setiap pasien, Raden Dewi meminta agar waktu dan ruangan di setiap Puskesmas harus di pisahkan dengan pasien lainnya. Hal tersebut agar para remaja tidak merasa malu saat akan berkonsultasi terkait keluhan yang dialaminya.

“Pelayanan di Puskesmas kan masih tercampur dengan pelayanan umum yang dasar lainnya untuk masyarakat, harusnya dipisahkan antara pelayanan umum masyarakat, artinya untuk para remaja yang ingin berkonsultasi soal kesehatan reproduksinya dan seksual,” Tegasnya. (Land/Red)