Berharap Punya Pelayanan Publik ala Singapore, Pemkot Tangsel Gelar Workshop Design Thinking

0
103
views
Airin dan Roger Tan dalam acara Seminar dan Workshop pada pelayanan kebijakan publik (foto: dok)

Kota Tangsel, salakaNews.com – Merupakan suatu kehormatan bagi Pemkot Tangsel yang telah ditinjuk bersama dengan Yogyakarta dan Balikpapan dalam kegiatan seminar bertema Design Thinking, ini suatu hal yang menggembirakan, hal itu karena pemkot dapat belajar dari Singapura.

Hal itu diungkapkan Airin Rachmi Dianny, selaku walikota Tangsel ketika membuka acara seminar dan workshop Design Thinking, bertempat di Aula Blandongan, lt. 4 Puspemkot Tangerang Selatan, Rabu (02/10/19).

Acara tersebut merupakan program Civil Service College Singapore dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Airin menjelaskan sebagai kota baru yang didirikan sejak 2008 banyak hal yang harus diperbaiki. Untuk menyelesaikannya diperlukan fokus terhadap apa yang diprioritaskan Pemkot Tangsel, diantaranya pada bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, tak kalah penting yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Airin, dari karakteristik  dan segi wilayah Perkotaan dan Perumahan hampir sama, mudah-mudahan pelayanan publik di Tangsel hampir sama dan mendekati pelayanan publik seperti di Singapore

“Dengan jumlah penduduk 1.6 juta jiwa, banyak persoalan yang harus diselesaikan, dan bagaimana pemerintah hadir dalam memberikan pelayanan publik untuk masyarakat Tangsel.” Kata Airin.

Dalam hal kapasitas, lanjut dia, diharapkan seminar tersebut memberikan manfaat untuk Pemkot Tangsel maupun masyarakat lainnya.

Pemkot Tangsel menggelar Seminar dan Workshop Design Thinking mempelajari pelayanan publik ala singapore (foto: dok)

“Dikarenakan yang ikut seminar ini tidak hanya pemerintah saja namun juga dari unsur masyarakat, dunia pendidikan, kesehatan, guru, forum kota sehat dan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut Airn mengatakan, dalam proses pembangunan, Tangsel menggunakan people village, yang melibatkan partisipasi masyarakat, perguruan tinggi dan lainnya.

“Untuk itu kami sangat berharap Tangsel bisa menjadi seperti Singapore dalam pelayanan publik,” tandasnya.

Sementara Assistant Chief Executive Civil Service College, Roger Tan menyampaikan, pihaknya merasa senang dapat menjadi publik sektor transformasion dari kegiatan  seminar yang tengah diselenggarakan di Tangsel, dan akan dilanjutkan di Yogyakarta, dan Balikpapan.

“Seminar dan Workshop ini bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN), program ini berasal dari banyak  pihak yang gigih sehingga bisa terwujud, “ungkap Roger Tan.

Baginya, pelayanan publik merupakan pelayanan penting bagi pemerintah agar memberikan pelayanan publik lebih baik. Dengan rendah hati ia mengatakan, pada seminar itu pihaknya hanyalah berbagi pengetahuan dan pengalaman yang berlanjut pada tukar ide dan gagasan yang menghasilkan karya nyata.

“Jadi event kali ini kita saling belajar membagi pengetahuan dan pengalaman, seminar ini dilanjutkan workshop bertukar ide, pengetahuan pengalaman, kami berharap kegiatan ini menghasilkan outcome yang sangat bermanfaat bagi kita semua,” tandasnya.

Editor: Tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 6 =