Wujudkan Kota Bebas Rabies, Puskeswan Tangsel Menggelar Vaksinasi Gratis

0
432
views
Petugas Puskeswan Kota Tangsel bersiap melakukan vaksin hewan guna mencegah Rabies (foto: dok)

Kota Tangsel, SALAKANEWS.com – Dalam rangka memperingati Hari Rabies se-dunia yang akan berlangsung pada 28 September mendatang. Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan vaksinasi hewan secara gratis yang berlangsung di tujuh Kecamatan yang ada di Tangsel.

Kegiatan tersebut dilakukan selama hampir satu bulan dengan lokasi yang berbeda dan jadwal yang telah ditentukan. Kecamtan Serpong misalnya, dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu (10-11/9) dengan jumlah warga yang ikut terlibat me-vaksin hewan peliharaannya sebanyak 30 ekor.

Sementara di kecamatan Setu pelaksanaan vaksin hewan dimulai pada Kamis (12/9) sebanyak 25 hewan. Vaksin berikutnya dilaksanakan di Pamulang pada 16-17 September, Ciputat  tanggal 18-19 September, Ciputat Timur 23-24 September, Pondok Aren 25-26 September, dan terakhir di kecamtan Serpong Utara pada 30 September hingga 1 Oktober mendatang.

Petugas kesehatan hewan tengah melaksanakan vaksin hewan, guna mencegah terjadinya Rabies di Kota Tangsel (foto: dok)

Kepala Puskeswan Tangerang selatan, Pipit Surya Yanuar, menjelaskan, pemberian vaksin secara gratis di Puskeswan tersebut untuk jenis hewan seperti kucing, anjing, dan musang.

”Pemberian vaksinasi ini murni difasilitasi oleh Pemkot Tangsel secara gratis tanpa ada biaya apapun,” terang Pipit.

Lebih lajut dikatakan Pipit, kegiatan tersebut dilakukan guna mewujudkan kota Tangsel terbebas dari rabies. Selain itu kata dia, dalam menjalankan program vaksinasi, pihaknya menggunakan vaksin berjenis Rabivet Supra 92.

Sselain ampuh vaksin tersebut juga telah direkomendasikan oleh kementrian Pertanian Republik Indonesia.

“Vaksin ini ampuh mencegah penyakit rabies pada anjing, kucing, kera, dan musang. Selain itu vaksin yang digunakan ini juga disarankan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia,” kata dia.

Petugas kesehatan Hewan kota Tangsel mevaksin hewan milik warga guna mencegah terjadinya rabies (foto: dok)

Pantauan awak media di lapangan, seperti yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Setu, Kamis (12/9), sebanyak 25 warga datang untuk memvaksin hewan peliharaanya tersebut. Pelaksanaan vaksin berlangsung sejak Pukul 08.00 hingga Pukul 12.00 wib.

Pipit menghimbau pada warga yang memiliki hewan untuk rutin memvaksin hewan peliharaanya, agar hewan tersebut dapat terjaga kesehatannya.

“Harus rutin dilakukan vaksinasi baik saat ada program pemerintah atau pun membawa hewannya ke klinik hewan,”pungkasnya.

Editor: Tam