Terapkan SPBE Dinilai Dapat Mendorong Penyelenggaraan Pemerintahan yang Partisifatif Untuk Masyarakat

0
52
views
Pemkab Serang gelar BImtek penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Tangerang, (foto: arf)

SERANG, salakaNews – Pemkab Serang terus melakukan upaya dalam meningkatkan profesionalisme bagi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di lingkungan OPD Kabupaten Serang digelar Bidang Telematika pada Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosatik).

Selain itu penerapan SPBE juga diharapkan dapat memberikan peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif dan akuntabel dalam pelayanan kepada masyarakat secara luas.

Melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik bisa menekan penyalahgunaan kewenangan.

Sekda Kab Serang Entus saat membuka Bimtek SPBE di Tangerang (foto: Arf)

“Penyalahgunaan baik bentuk kolusi, korupsi dan nepotisme,” kata Sekda Kabupaten Serang, Entus Mahmud Sahiri, saat membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diikuti puluhan ASN di salah satu hotel di Kota Tangerang, pada Selasa (25/08/2020).

“Agar penerapan SPBE atau e-Government mencapai tujuan, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE baik di pusat maupun di daerah,”ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri.

Evaluasi SPBE, kata Entus, merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di instansi pusat maupun daerah untuk menghasilkan suatu nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan.

“Evaluasi SPBE harus dapat dilaksanakan secara optimal oleh Pemkab Serang, maka itu memerlukan sinergitas antara OPD-OPD sebagai evaluator  internal seperti Bappeda Bagian Organisasi, Inspektorat dan Diskominfosatik agar berjalan dengan baik,”ujarnya.

Oleh karena itu Pihaknya mengajak pada masa pandemi covid-19 harus dijadikan momentum melakukan percepatan transformasi digital sesuai yang disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan lima hal slah satunya persiapan sumber daya manusia tyalenta digital.

“Hal itu sejalan dengan yang dilaksankans aat bimtek SPBE,”tuturnya.

Pada Sosialisasi dan Bimtek SPBE menghadirkan sebagai narasumber Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Ugi Cahyo Setiono dan Sigit Supriyanto, dan Direktur Layanan Aplikasi  Informatika Pemerintahan Kementrian Kominfo, Bambang Dwi Anggono.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Telematika pada Diskominfosatik Kabupaten Serang, Hotman Siregar mengatakan, dalam pemanfaatan TIK mewujudkan penyelenggaraan pemerintah secara elektronik berbasis pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Diharapkan juga menghasilkan Outcome yang positif terhadap pengelola TIK sebagai administrator di tiap OPD nya masing– masing dan optimalisasi untuk berkoordinasi pengelolaan yang berhubungan dengan TIK bersama Diskominfosatik Kabupaten Serang,”tandasnya.

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =