Semarak Ramdhan, ARKAN ’91 CAFE & RESTO Menggelar Festival Qasidah

0
63
views

LEBAK, salakaNews.com – Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan, ARKAN ’91 Cafe & Resto, Rangkasbitung, kabupaten Lebak mengelar pestival Qasidah.

Acara tersebut digelar seusai buka puasa dan shalat magrib, dengan diiukuti beberapa peserta dari berbagai wilayah di kabupaten Lebak.

Ketua Panitia Acara, Novi Malafitri mengatakan, terselenggarnya acara tersebut dengan niat membangkitkan semangat Ramadhan dan kesenian Ruhani umat muslim yang ada di Wilayah kabupaten Lebak.
Meski begitu acara ini tetap mengikuti prokes Covid-19.
“Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar, selama acara berlangsung kita terapkan protokol kesehatan Covid-19” ungkap Novi, (Rabu, 5 Mei 2021).
Meski pandemi Covid-19 masih belum berakhir, lanjut Novi, semangat menjalankan ibadah puasa tidak boleh pudar, bahkan harus ditingkatkan.
Selain itu untuk memeriahkan semarak Ramadhan ini diisi dengan Festival Qasidah, salah satu kesenian tradisional muslim yang masih bertahan hingga saat ini.

Pantauanmedia, para peserta yang mengikuti Festival Qasidah tersebut nampak antusias. Seusai buka puasa dan shalat magrib, mereka bersiap-siap memasuki arena pentas yg telah disediakan panitia.

Tak terlihat sedikit pun rasa letih ketika mereka melakukan pentas di arena panggung.

Ada pun lagu yang dipentaskan ada dua yang telah disiapkan panitia, yakni “Magadir, dan Ya Ramdhan”. peserta boleh memilih lagu dari keduanya. Kemudian membawakan lagu bebas sebagai lagu andalan peserta.

Ade Alfadilah salah satu pengasuh Kasidah Alfadilah bersemangat saat membawa anak didiknya yang jauh dari Muncang untuk mengikuti pada Festival tersebut.
Selain paling muda dari peserta lainnya, usia mereka rata-rata masih belasan, mengingat saat ini masih duduk di bangku MTs (setara SMP/SLTP). Selain itu kata Ade, didaftarkan nya mereka mengikuti pestival tersebut bertujuan membentuk mental yang baik.

“Kita sengaja mendaftarkan siswa MTs Alfdilah untuk memotivasi dan mengasah kemampuan mereka, agar bakat terpendam semakin terasah” ujar Ade.

Ada pun pemenang dari peserta lomba antara lain: juara pertama dimenangkan oleh Grup Qasidah PUMA Al-Ghurob, kedua dimenangkan oleh Grup Qasidah Alfadilah Muncang, dan ketiga Grup Qasidah Al-Hidayah.

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + four =