9 Ribu Pendaftar Telah Masuk, Dindikbud Tangsel Pantau Sistem Server PPDB

0
240
views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono memantau server PPDB online di kantor Diskominfo Tangsel. (foto: dok)

‘Masih ada potensi 11 hingga 12 ribu yang akan mendaftar’-Taryono, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Tangsel

TANGSEL,  SALAKANEWS.com-  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di kota Tangerang Selatan (Tangsel) Provinsi Banten, masih dalam tahap pra pendaftaran, saat ini para orangtua siswa sifatnya masih menyerahkan berkas untuk diverifikasi dan mendapatkan nomor registrasi.

Pada hari kedua pendaftaran PPDB SMP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono  memantau pendaftaran secara online di ruang Diskominfo lantai 7, Balai Kota  Tangerang Selatan. Server tersebut dikelola oleh Diskominfo untuk memudahkan pelayanan, hasilnya semua terpantau lancar,  Selasa 25 Juni 2019.

“Saya sudah melihat secara langsung bagaimana kesiapan Diskominfo untuk mem-backup PPDB dari sisi aplikasi dan servernya. Sejauh ini pemakaian server sangat rendah belum ada satu persen, Insya Allah kedepannya akan aman,” ujar Taryono.

Lebih lanjut dikatakannya, pendaftaran PPDB online diprediksi akan ada lebih dari sepuluh ribu yaitu anatara 11.ribu hingga 12 ribu yang akan verifikasi registrasi data.

“Terbukti hari ini, yang meregistrasi verifikasi data sudah ada 9.310,” ungkap Taryono.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (hari ini tgl 26 Juni 2019) pukul 00.00 WIB, pendaftaran baru akan bisa dilakukan. Masyarakat yang ingin mendaftar harus segera melakukan registrasi data ke masing-masing sekolah yang dituju.

“Besok(hari ini) mulai pendaftaran dan Diskominfo Tangsel sudah siap begadang jika terjadi ada pendaftaran di awal yang menumpuk pukul 00.00 WIB. Nanti malam saya juga akan memantau langsung ke Diskominfo,” kata Taryono.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian pada Diskominfo Tangsel, TB  Asep Nurdin mengatakan, dalam pemantauan server PPDB tersebut, Diskominfo akan mengerahkan sebanyak 41 personil guna memantau server serta jaringan yang ada di kantornya dimulai dari Rabu 26 Juni 2019 pukul 00.00 WIB.

“Personil kominfo ada 41 orang yang jaga server. Kita siapkan 2 monitor untuk mantau server dan jaringan di kantor. Tim akan pantau terus sampai dengan selesai,” katanya.

Ke 41 personil itu nantinya akan mengisi tiap-tiap keahliannya masing-masing seperti tenaga jaringan, keamanan menangani adanya serangan hacker, operator aplikasi, programer dan staff kominfo.

Dalam pelaksanaan PDDB SMP kali ini, Diskominfo Tangsel telah menyiapkan empat server dengan kapasitas besar yang dapat menampung puluhan ribu pendaftar.

“Kita sudah menyiapkan infrastruktur baik server utama maupun backup-nya. Server merk Nutanix dengan tipe NX-1465-G6 ada 4 server dengan konsep load balancer. 1 server kapasitas 32 TB dengan per note 8 TB,” terang Asep.

Sementara total secara keseluruhan dalam empat server PPDB di Tangsel sebesar 128 TB.

(tam/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here