Perkuat Infrastruktur Organisasi, RAPIMNAS SMSI Akan Digelar Desember

0
207
views
Firdaus kedua dari Kanan, tengah berbincang bersama pengurus SMSI Pusat berencana bakal menggelar RAPIMNAS di jakarta bulan Desember 2018. (foto: dok)

Serang, salakaNews- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) di Jakarta Pada bulan Desember 2018 mendatang. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) SMSI Pusat, Firdaus, ketika ditemui pada kegiatan FGD SMSI di Semarang belum lama ini.

Firdaus yang juga Direktur Majalah Teras Group ini menyatakan ada beberapa agenda Rapimnas yang akan digelar, sesuai arahan ketua umum SMSI Pusat Auri Jaya. Saat ini, agenda itu (RAPIMNAS)  sedang disiapkan oleh steering commite (SC) yang dibentuk SMSI Pusat.

“Dalam menjalankan tugas SC juga menginventarisir masukan dari pengurus SMSI di daerah,” Kata Firdaus.

Seraya mengataan, sebagai organisasi yang masih baru memeliki konsekwensi yang harus ditempuh, salahsatunya harus ada penguatan infrastruktur organisasi di semua tingakatan, baik dari daerah maupun pusat .

“Sebagai organisasi yang masih baru kami masih disibukkan dengan aktivitas membangun dan melakukan penguatan infra struktur organisasi di tingkat pusat maupun daerah,” ujarnya.

Sekjen SMSI Pusat, Firdaus (kiri) (foto: dok)

Lebih jauh Firdaus mengatakan, dengan melihat prseolan yang muncul, konsolidasi ini memang harus segera dilakukan mengingat pesatnya pertumbuhan jumlah perusahaan media siber yang semakin menjamur.

“Pertumbuhan tidak terpusat di Jakarta atau kota-kota yang menjadi ibukota provinsi saja, tetapi di hampir seluruh kabupaten/kota di tanah air,” tuturnya.

Itulah kenapa, kata ketua Bidang Organisasi PWI Pusat ini, sebagian besar pengelola media siber baik yang ada di pusat maupun provinsi, masing-masing tengah berjuang untuk membesarkan kelangsungan usahanya, ditengah persaingan yang semakin ketat pada era digital kini.

“Dengan kondisi demikian, SMSI Pusat segera mengambil langkah cepat dengan menggelar Rapimnas yang akan diikuti seluruh anggota pengurus pusat, para ketua dan sekretaris pengurus provinsi SMSI. Persoalan kesehatan keuangan perusahaan akan menjadi salah satu bahasan, karena problem ini menjadi persoalan yang menggejala secara umum,” tandasnya.

Seiring dengan semakin surutnya pasar media cetak, kata dia, mestinya kondisi itu jadi peluang bagi media siber untuk merebut konsumen media termasuk kue iklannya, akan tetapi fakta di lapangan belum sesuai dengan apa yang diharapkan,

“Namun yang terjadi belum sesuai yang diharapkan, terlebih di kalangan media siber di wilayah kabupaten/kota,” tandasnya.

Diakhir perbincangan, diterangkan Firdaus, pada Rapimnas SMSI nanti, juga dimatangkan tentang PO ( Peraturan Organisasi) untuk memperluas rentang kendali dan jangkauan pelayanan organisasi terhadap anggota yang sebarannya semakin luas.

(redaksi)