Ormas ‘Bang Japar’ Jaktim Disiapkan Jadi Relawan Sahabat TAGANA

0
69
views
anggota Ormas Bang Japar Jakarta Timur ketika mengikuti pelatihan tanggap bencana yang dipasilitasi Sudin Sosial Jaktim (foto: dok)

JAKARTA, salakaNews.com –  Kantor Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Timur menggelar pelatihan terhadap Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) sebagai relawan Sahabat Taruna Siaga Bencana (Tagana) oleh Sudin Sosial Jakarta Timur.

Para calon pawang kebencanaan ini didiklat di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 02 Cipayung Jaktim. Jhonny Siahaan selaku pemateri Diklat Sahabat Tagana meresmikan kegiatan tersebut.

“Hari ini saya Resmikan ya, Bang Japar menjadi Sahabat TAGANA, jadi sudah bisa tambahkan logo Rescue, logo Tagana, logo Kemanusiaan di Pakaian Bang Japar bagi yang senang dengan dunia kemanusiaan”, ujar Johnny M. Siahaan disambut tepuk tangan anggota Bang Japar, (20/12).

Dalam diklat tersebut peserta diberikan pembekala berupa materi terkait penanganan bencana antara lain; tiga prinsip yang harus dilakukan oleh peserta Bang Japar, pada saat ada musibah harus satu komando, satu aturan dan satu Korsa. Jhonny mengatakan, setiap anggota sudah menjadi bagian dari kemanusiaan, jadi harus punya Azasnya Waras, Kenyang dan Ikhlas.

“Waras yang dimaksudkan adalah Pikiran, Hati, Jiwa, Rohani, dan Jasmani harus seimbang. Kenyang dimaksudkan kesehatan, pemahaman dan hati harus terbuka, belajar terus agar semakin baik. Terakhir adalah Ikhlas, ini kunci dari Kemanusiaan”, ujar Johnny yang juga Ketua Tagana Provinsi DKI Jakarta.

ormas Bang Japar Jaktim siap jadi relawan TAGANA (foto: dok)

Sementara itu, Kasie Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam menyampaikan Apresiasinya Pada Ormas Bang Japar yang mau membantu Pemerintah di DKI Jakarta.

Abdul Salam menjelaskan peserta akan dilatih mendirikan Tenda untuk Pengungsi, Dapur Umum dan Materi Pemahaman Dasar dari Kemanusiaan dan Kebencanaan kepada semua peserta dari Bang Japar.

“Saya berharap ke depan, Bang Japar akan terus menjadi Mitra kita di Pemerintah dari setiap ada musibah sosial maka Bang Japar Jakarta Timur sudah bisa minimal mengkomunikasi, melakukan tindakan-tindakan Dasar Penanganan Kebencanaan”, ujar Abdul Salam dalam pengarahannya.

Ketua Tagana Jakarta Timur Kuswanto menjadi Narasumber lapangan untuk Pendirian Tenda dan Memasak di Dapur Umum pada posko yang didirikan Pemerintah dari Dinas Sosial disetiap wilayah yang tertimpa musibah di DKI Jakarta.

“Para Sahabat Tagana dari Bang Japar, kali ini akan disampaikan Cara Mendirikan Tenda untuk Posko Pengungsian, nantinya setelah ini langsung kita dirikan dan tutup kembali. Kemudian saya perkenalkan juga Dapur Umum dan Perlengkapannya, nanti sekalian kita coba memasak bersama sebagai contoh untuk para pengungsi”, ujar Kuswanto memberikan arahan pada Bang Japar di lapangan.

Musa Marasabessy, Danwil Bang Japar Jakarta Timur mengapresiasi pada Sudin Sosial Jaktim Bapak Purwono diwakili Kasie Pak Abdul Salam turut memfasilitasi Bang Japar dalam Pelatihan Tanggap Bencana tersebut.

“Kami ke depan kembali terus menjaga kota Jakarta Timur agar aman, nyaman sesuai motto Maju Kotanya, Bahagia Warganya, Jaga Ulama di Jaktim, Jaga Budaya di Jaktim dan sekarang bertambah Jaga Manusia di Jakarta Timur”, ujar Musa.

Ketua Umum Bang Japar yang juga anggota DPD RI, Fahira Idris mengapresiasi Kasudin, Kasie, Tagana dan seluruh Tim yang telah banyak membantu warga diberikan Piagam Penghargaan DPD RI kepada Sudin dan Kasie.

Editor: tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =