Melalui Kontes Kicau Burung Mania, Polres Pandeglang Jalin Keakraban Dengan Masyarakat

0
274
views
Peserta kontes Kicau Burung Mania saat mengikuti lomba di halaman Kodim Pandeglang yang digelar oleh Polres Pandeglang. (foto: land/salakaNews)

SalakaNews, Pandeglang– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-72, Kepolisian Resort (Polres) Pandeglang menggelar kegiatan Lomba Kicau Burung Mania, di halaman Kodim 0601 Pandeglang, kegiatan ini sekaligus bertujuan menjalin keakraban antara Polri dengan masyarakat.

Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono mengungkapkan, diselenggarakannya acara ini selain memperingati HUT Bhayangkara juga membangun suasana keakraban antara pihak kepolisian Resort Pandeglang dengan masyarakat.

“Sebagai abdi negara sekaligus kami para penegak hukum berkeinginan untuk lebih dekat dengan masyarakat, sehingga kami dapat menampung apa yang diinginkan masyarakat,” kata Kapolres saat pembukaan acara kicau burung mania Piala Kapolres di halaman Makodim 0601 Pandeglang. (05/8).

Jajaran Polres Pandeglang bersama Dandim, Bupati Pandeglang, dan Anggota DPR RI, menghadiri acara kontes kicau burung mania, yang digelar Kapolres Pandeglang. (foto: land/salakaNews)

Meski begitu pihaknya sadar untuk membangun harmonisasi dan kedekatan secara batiniah diperlukan waktu yang sangat intensif guna terwujudnya hubungan yang lebih baik antara institusi kepolisian sebagai penegak hukum dengan masyarkat, sejalan dengan itu Kapolres Indra Lutrianto Asmono berencana jika ke depan acara ini akan terus berlanjut demi kedekatan pihak penegak hukum, aparat pemerintah dengan masyarakat.

Pada moment pertandingan Pihaknya juga berpesan kepadaa semua peserta untuk saling menjaga ketertiban, kebersihan, dan juga seportivitas.

” karena  menang bukanlah hal yang utama, tapi kebersamaan tujuan kita,” tandasnya.

Pada acara yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan initidak hanya sebagai wadah silaturahmi, tetapi juga dapat mendorong ekonomi kreatif di masyarakat, dari sana (masyarakat) akan menggeliat usaha mikro secara perlahan tapi pasti akan terlihat dampak positif,  mulai dari kandang hingga pakan yang sangat bagus untuk peluang usaha,” katanya.

“Saya selaku pemerintah mengapresiasi acara ini,  ada kegiatan produktif walaupun kearah hobi yang cukup mahal,  namun masyarakat banyak yang menyukainya,” ujar Irna.

Sementara Farhan, selaku ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ronggolawe Nusantara,  sekaligus sebagai Event Organizer (EO) Kicau Mania mengatakan, Animo masyarakat pecinta kontes kicau burung ini sangat tinggi, itu terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar sebelum acara berlangsung sudah mencapai 1.300 peserta, mereka yang mengikuti acara ini tidak hanya berasal dari Pandeglang sebagai tuan rumah, tetapi juga tak sedikit berasal dari luar daerah seperti dari kota Cilegon, Lampung, Depok, Cirebon, dan Bekasi.

“Jika melihat dari animo yang tinggi, sepertinya yang daftar mengikuti kontes ini akan lebih dari itu, bahkan bisa mencapai 1.500 peserta. Kata Farhan bersemangat.

Adapun kontes yang diadakan sekira ada 39 kelas burung, diantaranya Burung Anis Merah,  Kolibri, Cucak Jenggot, Ciblek, Pleci, Lovebird, Murai Batu, Kenari, Kacer, Cucak Ijo, Lovebird Balibu, Kolibri B, Lovebird A, Pleci B, dan Cucak Jenggot B.

Hadir dalam acara ini, Anggota DPR-RI Achmad Dimyati Natakusumah, Dandim 0601 Pandeglang Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa.

Rep: Land

Ed: tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here