Lewat P3TGAI, Kebutuhan Air Untuk Petani Di Cigorondong Akan Terpenuhi

0
87
views

Pandeglang, Salakanews – Aktivitas petani padi dan sayuran di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur Pandeglang, akan semakin lancar kedepannya, hal itu berkaitan dengan dibangunnya saluran irigasi melalui program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI) yang melewati puluhan hektar sawah di salah satu Desa yang berada di Ujung Pulau Jawa tersebut.

Proyek P3TGAI dari Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BWSCCC) Provinsi Banten, ini dibangun dekat dengan Sungai Ciherang, maka diharapkan kebutuhan air untuk petani akan selalu terpenuhi sepanjang tahun.

Hal itu diungkapkan, Kepala Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Aljani saat dihubungi melalui telelpon selulernya, Sabtu (3/10/2020).

“Dengan begitu petani bisa aktif sepanjang tahun baik menanam padi atau sayuran sehingga menjadi mereka lebih sejahtera,”ungkapnya.

Pelaksana Program P3TGAI, Udin, Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Banyu Mustika mengatakan, bahwa pembangunan irigasi ini, dibangun sepanjang 315 meter, dengan menyesuaikan kondisi lingkungan

“Saluran kami buat lebih rendah dari sebelumnya. Sehingga dipastikan air mengalir dengan lancar dan debit cukup. Kualitas bangunan dipastikan baik karena dikerjakan oleh warga sendiri yang biasa bekerja di sawah,” katanya.

Sementara itu, Tim Pendamping Masyarakat (TPM) untuk Program P3TGAI dari Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian, Pandeglang, Egis Ferli mengatakan, bahwa tujuan dari program peningkatan jaringan irigasi ini, adalah untuk meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan irigasi yang sudah ada.

“Selain, meningkatkan jaringan irigasi yang sudah ada, tujuan program ini juga menambah areal pelayanan pada jaringan irigasi yang sudah ada dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi,”katanya.

Selain mengaliri pesawahan, pembangunan irigasi ini, dilaksanakan secara swakelola, sehingga program ini diharapkan bisa membantu perekonomian petani lokal.

“Meski dikerjakan secara swakelola, Program P3TGAI harus sesuai dengan spek yang sudah ditentukan dan diawasi langsung oleh TPM dengan bimbingan Supporting Staf,” Imbuhnya. (Zis/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =