Efisiensi Anggaran, KPU Pandeglang Pangkas 218 TPS

0
85
views

Pandeglang, Salakanews – Sebanyak 218 Tempat Pemilihan Umum (TPS) terpaksa harus dihilangkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang. Hal tersebut di tiadakan lantaran efisiensi anggaran.

Demikian yang disampaikan Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i. Menurut Suja’i bukan hanya pemangkasan TPS namun juga besaran dan honor badan penyelenhgara adhoc akan dirasionalisasikan.

“Awalnya KPU merencanakan membentuk 2.201 TPS, setelah melihat besaran anggaran maka TPS ditetapkan 1.983 TPS,” kata Ahmad Suja’i kepada Salakanews.com melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (5/10/2019).

Hasil dari Penandatanganan NPHD KPU Pandeglang hanya dapat anggaran Rp 68,2 miliar. Nominal tersebut jika dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain yang menyelenggarakan Pilkada serentak jauh lebih kecil. Untuk itu kata Sujai pihaknya sangat memahami, ditambah dengan masih banyaknya program pembangunan yang harus dilaksanakan oleh Pemkab Pandeglang.

“Kami sadar betul dengan kondisi keuangan Pemkab Pandeglang yang terbatas. Untuk itu alokasi anggaran yang disepakati harus digunakan sketat mungkin dan KPU akan melakukan efisiensi,” jelas

Dikatakannya, anggaran yang dialokasikan Pemkab untuk Pilbub kalau dilihat angka secara akumulasi memang besar. Aapalagi kalau dikaitkan dengan kondisi Pandeglang saat ini yang masih memerlukan infrastruktur yang memadai, perbaikan sektor pendidikan, pertanian, kesehatan dan lainnya.

“Namun anggaran dari Pemkab untuk kesuksesan Pilbup sebenarnya tidak terlalu besar apalagi kalau melihat regulasi Standar Biaya Masukan ( SBM ) yang menjadi ketetapan dan dipedomani KPU daerah. Selain itu dukungan anggaran menjadi kebijakan pemerintah daerah dan hal tersebut diatur dalam UU Nomor 10/2016 tentang perubahan kedua atas UU 1/ 2015 tentang penetapan Perppu pengganti UU Nomor 1 / tentang Penilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi UU,” bebernya. (Zis/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + twelve =