Dosen Teknik Industri UMB Berikan Pelatihan Atas Pemborosan Produksi Melalui Lean Manufacturing

0
215
views

JAKARTA- Pemborosan dalam proses produksi di sebuah perusahaan manufacturing menjadi problem bagi pengembangan bisnis perusahaan. Dalam melakukan upaya peningkatan produktivitas penerapan lean manufacturing menjadi solusi untuk mengurangi pemborosan sehingga proses produksi dapat berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan menghasilkan produk sesuai dengan harapan pelanggan. Itulah pesan yang disampaikan Meike Elsye Beatrix, ST, MT, dan Hayu Kartika, ST, MT,  dari Program Studi Teknik Industri Universitas Mercu Buana, dalam acara “Pelatihan Dasar Lean Manufacturing Sebagai Upaya Mengurangi Pemborosan Untuk Peningkatan Efisiensi Proses Produksi di PT. Arion Tech Indonesia”, pada Sabtu (27/05) di Jakarta.

Acara yang diikuri oleh para karyawan PT. Arion Tech Indonesia itu terbagi atas 3 sesi pelatihan; sesi pertama merupakan pemaparan mengenai identifikasi 7 waste di perusahaan, sesi kedua merupakan penjelasan mengenai teori/konsep dan sesi terakhir merupakan tanya jawab dan diskusi dari beberapa peserta.

Menurut Meike, selama berjalannya acara pelatihan tersebut para peserta cukup antusias mengikuti pemaparan yang diberikan oleh para narsumber. Hal ini terlihat dari hasil yang didapatkan di mana peserta memiliki pemahaman dan wawasan mengenai pentingnya mengurangi 7 waste secara konsisten di lingkungan kerja. “Mereka mengaku termotivasi untuk mengimplementasikannya sehingga perusahaan dapat meningkatkan efisiensi proses produknya,” ujar Meike.

Lebih lanjut Meike mengatakan berdasarkan kuesioner dan pengamatan selama kegiatan ini, 100% peserta memiliki peningkatan skill dan pengetahuan tentang konsep 7 waste. Untuk itu ia mengharapkan agar pelatihan   ini   dapat   disempurnakan   dengan penelitian atau riset kerjasama antara dosen, mahasiswa dan PT Arion Tech Indonesia. “Supaya menghasilkan perbaikan yang berkelanjutan dalam menciptakan peningkatan produktivitas  yang efisien dan efektif.”