Pioneer, Wahidin Halim Rayakan HUT Provinsi di Kesultanan Banten Lama

0
151
views
perayaan HUT Provinsi Banten ke-18 di kesultanan Banten. (foto: nukman/salakaNews)

Serang, salakaNews- Dalam rangka HUT Banten yang ke 18, pemerintah provinsi Banten menggelar rangkaian acara ulang tahun Lahirnya Provinsi Banten, semenjak memisahkan diri dari Jawa Barat sebagai daerah yang mandiri. Penyelenggaraan kegiatan ulang tahun kali ini Nampak berbeda dengan tahun tahun sebelumya, hal itu terlihat dari lokasi yang digunakan sebagai perayaan merupakan tempat yang paling bersejarah di Banten, yakni di Kesultanan Banten, Banten lama, kelurahan Banten, kecamatan kasemen, Kota Serang.

Gubernur Banten Wahidin Halim dalam sambutannya mengatakan, perayaan kali ini merupakan titik balik bagaimana kita berjuang untuk kejayaan Banten.

“ini titik awal bagaimana kita berjuang untuk Banten, program revitalisasi ini merupakan baru sepertiga dari program kita” ujar Wahidin, saat memimpin Apel Peringatan HUT ke-18 provinsi Banten.(05/10/18)

Lebih lanjut Wahidin mengatakan, revitalisasi kawasan di kesultanan Banten Lama merupakan cita-cita para Pendiri Banten yang harus diwujudkan, sehingga akan menjadi titik awal bagi kemajuan daerah. Oleh karena itu kata WH (sapaan akrab Wahidin Halim), pemprov Banten sengaja menggelar acara HUT Banten di lokasi bersejarah itu, agar dapat menginsfirasi bagi warga Banten dalam mengenang tokoh Banten yang terkenal di dunia internasional.

Gubernur Banten beserta pimpinan daerah kabupaten kota se provinsi Banten saat merayakan HUT Banten ke 18 di halaman Kesultanan Banten (foto: palapa News)

“cita-cita pendiri Banten harus diwujudkan dengan semangat revitalisasi kawasan di kesultanan Banten lama yang bisa menjadi titik awal bagi kemajuan daerah, hari ini saya sengaja mengundang ke sini untuk mengenang tokoh Banten dan Pendiri Banten” kata Wahidin.

Karena itu kata dia sejarah Banten berawal dari sini dan menjadi terkenal seantero dan timur tengah, kenangnya.

Hal senada dikatakan Andika Hazrumi wakil Gubernur Banten, bahwa Banten akan lebih maju jika didukung oleh semua elemen masyarakat, tak hanya mengamini tetapi masyarakat saling bahu membahu berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita bersama sebagai provinsi Banten yang mandiri.

“yang terpenting adalah partisipasi, dorongan dan dukungan dari masyarakat Banten, hal itu guna menjadi kekuatan bagi kami pemprov Banten untuk dapat mengaplikasikan kebijakan pembangunan, baik dari sisi pelayanan publik termasuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain” kata Andika.

Gubernur Banten Wahidin Halim bersama tokoh ulama dan masyarakat melakukan ziarah di makam kesultanan Banten. (foto: metaonline)

Pantauan salakaNews acara ini dihadiri tak hanya oleh pemerintah tetapi juga masyarakat ikut menikmati suasana perayaan HUT Provinsi Banten, karena ini merupakan perayaan yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam acara itu hadir beberapa pejabat daerah seperti, Pimpinan DPRD provinsi dan juga kota,Kapolda Banten, Danrem 064/MY Serang, Tokoh Pendiri Banten, serta masyarakat.

Sementara agenda acara yang dilakukan pemprov Banten meliputi, Ziarah ke Makam Sultan Hasanudin. Selain itu terdapat benyak hiburan yang mewarnai suasana perayaan seperti pertunjukan Pencak Silat, pesta Rakyat meliputi pengobatan geratis, lomba panjat pinang, panjang mulud, rampak bedug,  tari terbang gede, launching aplikasi Jawara dan jajanan geratis untuk warga.

(Nuk/tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =