WHO Pilih Malaysia Sebagai Uji Coba Obat Baru Anti COVID-19

0
245
views
(foto: ilustrasi)

Kuala Lumpur, salakaNews – World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia memilih malaysia sebagai salah satu negara yang akan dijadikan sebagai uji coba efektivitas obat anti corona yang disebut REMDESIVIR untuk mengobati pasien Covid-19.

Dewan Kemanan Dunia (NSC) mengatakan, dipilihnya Malaysia sebagai uji coba obat anti Corona tersebut karena dinilai memiliki kemampuan dan kesungguhan dalam melakukan penelitian dan respon yang cepat terhadap virus corona.

 

Direktur Jenderal kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah mengatakan, kementrian kesehatan malaysia akan mencoba merawat pasien covid-19 dengan obat baru itu dan akan memantau semua efek samping dan efektivitasnya.

“WHO telah mengumumkan uji coba global besar pada Jum’at (27/3) yang disebut ‘Solidarity’, untuk mengetahui apakah ada obat yang dapat mengobati infeksi dengan corona virus baru” kata Noor Hisham pada keterangannya.

Lebih lanjut dikatakan Noor, WHO akan fokus pada empat teraphi obat, yakni senyawa antivirus eksperimental yang disebut REMEDISIVIR, obat malaria Chloroquine dan Hydroxychloroquine, serta kombinasi dua obat HIV, Lopinavir dan Ritonavir, diikuti kombinasi yang sama ditambah Inteferon-Beta yaitu suatu pengantar sistem kekebalan yang dapat membantu melumpuhkan virus, kata Noor Hisham seperti dilansir The Strights Time.

Penelitian tersebut kata Noor, akan melibatkan ribuan pasien dari puluhan negara yang dirancang sesederhana mungkin, sehingga rumah sakit yang banyak melayani pasien Covid-19 dapat berpartisipasi.

Sementara itu menteri kesehatan Malaysia, Datuk Seri Adham Baba, mengatakan telah melakukan telekonferensi dengan para menteri kesehatan di seluruh dunia serta direktur jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Jum’at malam (27/3) sebagai upaya untuk mengatasi virus Covid-19.

Editor: tam

Penulis : Ifan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + 19 =