Coklit Pilkada 2020, KPU Pandeglang : Pasien Covid-19 Bisa Diwakilkan

0
28
views

Pandeglang, salakaNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang mulai melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada 2020, sejak Rabu (15/7/2020) kemarin.

Dalam coklit kali ini, para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) datang langsung ke rumah-rumah dengan sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti menggunakan masker, pelindung wajah, dan sarung tangan sesuai dengan prinsip kesehatan dan keselamatan serta perpedoman pada Protokol Kesehatan, pencegan dan pengendalian Covid 19.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Serentak Lanjutan dalam Kondisi bencana Non Alam ( Covid-19 ) di selenggarakan dengan menggunakan Prinsip Kesehatan,” kata Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai kepada Salakanews.com, Kamis (16/7/2020).

Saat ditanya terkait pendataan terhadap pasien yang terpapar covid-19, Ahmad Sujai mengaku jika pihak keluarga bisa mewakilinya untuk mencocokan data identitas pasien. Hal tersebut mesti dilakukan agar hak suara sebagai warga terlindungi dan memeperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen data.

“Adapun ada salah satu warga yanh sedang dirawat karena terjangkit covid atau sedang melakukan isolasi mandiri, maka bisa diwakilkan oleh keluarganya untuk melakukan pencocokan data sesuai identitasnya,” tegasnya.

Adapun jumlah PPDP yang terjun langsung sebanyak 2.242 petugas sesuai dengan Jumlah TPS yang tersebar di 326 desa dan 13 kelurahan yang tersebar di 35 Kecamatan.

“Kegiatan Pencocokan dan penilitian dilaksanakan Mulai dari tanggal 15 Juli – 13 Agustus 2020 dengan cara mendatangi Rumah Warga secara Door to door,” bebernya. (Zis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − three =