BPBD Pandeglang Tegaskan Bencana yang Terjadi Bukan Rob, Tapi Tsunami

0
564
views
kondisi wisata Tanjung Lesung Resort, kab. Pandeglang, pasca diterjang gelombang Tsunami pada sabtu malam 22/12/18. (foto: istimewa/salakanews)

Pandeglang, salakaNews– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan bahwa tragedi yang saat ini terjadi di Kabupaten Pandeglang bukanlah banjir Rob, melainkan bencana Tsunami yang di akibatkan runtuhnya bawah permukaan laut gunung Krakatau, pada sabtu malam, (22/12)

Sedangkan Rob merupakan banjir yang diakibatkan oleh pasang atau naiknya air laut ke permukaan tanah, hingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. Banjir rob ini juga sering disebut sebagai banjir genangan.

Pernyataan demikian di sampaikan oleh Yosep selaku Kasi pencegahan dan kesiap-siagaan BPBD kabupaten Pandeglang.

“Ia betul ini tsunami karena di sebabkan oleh runtuhnya bawah permukaan gunung Krakatau,” Terangnya.

Banjir rob ini akan sering melanda atau sering terjadi di daeraha yang datarannya rendahdari permukaan air laut. Karena disebabkan oleh meluapnya laut hingga kedaratan, maka air yang mempunyai warna cenderung lebih jernih dari pada air pada air banjir pada umumnya.

Sebagaimana dikutif dari ilmugeografi.com, banjir Rob memiliki beberapa karakteristik untuk diketahui sebagaimana berikut ini; Pertama Rob atau air naik ketika air laut terjadi pada saat pasang, kedua warna air tidak terlalu keruh, ketiga Rob datang tidak selalu pada musim hujan, dan keempat biasanya terjadi pada  daerah yang memiliki dataran yang lebih rendah daripada wilayah lautan.

Selain itu ada beberapa penyebab terjadinya Banjir Rob, meski bukanlah secara langsung tetapi dapat dikategorikan bahwa itu merupakan bagian dari penyebab terjadinya banjir rob. Diantaranya:

  1. Pemanasan Global, hal ini karena pemanasan mglobal merupakan peristiwa alam meningkatnya suhu udara yang ada di bumi, ini berimplikasi pada es berada di kedua kutub bumi.

Akibatnya kedua kutub itu menjadi cair, hal ini kemudian akan mempengaruhi naiknya jumlah volume air laut.

  1. Pemanfaatan Tanah Secara Berlebihan hal ini jika terus dilakukan akan menyebabkan turunnya permukaan lapisan tanah.
  2. Pembabatan hutan nmangrove atau hutan tembakau
  3. Keadaan topografi suatu wilayah.

Keadaan topografi dimaksud ini merupaka keadaan wilayah alam yang terpampang nyata disuatu wilayah, yang keadaannya berada di bawah laut, beda halnya dengan di pegunungan.

  1. Adanya fenomena penurunan permukaan tanah
  2. Perubahan penggunaan tanah rawa, situ, sawah, dan lainnya.
  3. Penyempitan bantaran sungai
  4. Membuang sampah di sungai.
  5. Sistem drainase yang tidak terawatt

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya banjir Rob atau beberapa hal yang mendukung terjadinya banjir Rob.

Rep: Syam/Erlan

Editor: Tam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here