Berinovasi Ditengah Pandemi COVID-19, KWT Az-Zahra Buaran Serpong Panen Anggrek

0
21
views
walikota Tangsel panen bunga anggrek milik KWT Az-Zahra Buaran, Serpong.(foto:hmtgsl)

TANGSEL, salakaNews –  Meski diterpa wabah COVID-19 hingga kini belum juga berakhir, sebagian warga, Serpong, kota Tangsel berbondong-bondong inisiatif melakukan inovasi di bidang pertanian, ada Petani jahe, sayuran, dan bunga. Lahan pertanian terbatas tidak membuat warga berkecil hati, malahan mereka memanfaatkannya secara produktif.

Kali ini, warga kelompok wanita tani (KWT) Az-Zahra, Buaran, Serpong, melakukan inovasi pertanian pada jenis tanaman bunga anggrek, ini dilakukannya dengan memanfaatkan lahan terbatas. Dengan kegigihannya, kelompok wanita tani ini ahirnya membuahkan hasil, sehingga menarik perhatian wali kota Tangsel, AIrin Rahmi Dianny.

Dalam kunjungannya Airin mengapresiasi kinerja KWT Az-Zahra, ini dikarenakan Tangsel merupakan daerah yang tak cukup memiliki lahan pertanian. Meski begitu adanya inovasi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat.

”Kemarin juga saya datang ke kebun Jahe milik pemuda di Serpong. Kemudian sekarang Tani Anggrek. Jadi, saya optimis kalau memang Kota Tangsel dengan mengandalkan teknologi bisa membantu Pemerintah Kota Tangerang Selatan di sektor pertanian,” kata Airin, Senin (12/7/2020).

Di masa pandemi ini memaksa masyarakat untuk berinovasi agar tetap bertahan hidup. Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah mebuat sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan terbatas.

”Tidak ada yang tidak mungkin, mungkin dari sini ada pintu untuk meningkatkan standar sosial, bisa jadi membuka lapangan kerja bagi warga lainnya,”ujarnya.

Adapun hasilnya, Airin berharap anggota KWT Az-Zahra membuat manajemen dari sisi penjualannya. Agar tanaman yang dihasilkan memiliki nilai jual yang tinggi. Bila dikelola secara professional tak menutup kemungkinan dapat memiliki hasil lebih.

Kemudian, dia juga sempat menghimbau kepada seluruh Anggota KWT untuk ikut berpartisipasi dengan pemerintah agar bisa melakukan penanganan baik di hilir dan hulu terhadap Covid-19.

”Ayo kita terapkan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diperintahkan oleh pemerintah pusat,” katanya.

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − five =