Benyamin Davnie: ‘Jangan Takut Gagal dalam Memulai Usaha’

0
133
views
Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie buka pelatihan usaha yang diselenggarakan oleh dinas ketenagakerjaan Kota Tangsel (foto: dok)

TANGSEL, SALAKANEWS.com – Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie memberikan motivasi kepada calon peserta wirausaha mandiri, yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan di RM Gombang, Jalan Raya Ciater, RawaBuntu, Serpong pada Senin, (29 Juli 2019).

Dalam kesempatan itu Bang Ben (sapaan Benyamin Davnie) mengingatkan hal yang perlu dimiliki oleh calon pengusaha pemula  selain modal yang cukup juga kesiapan mental yang kokoh, artinya modal saja tidak cukup jika tidak dibarengi oleh kesiapan mental seperti takut akan gagal dalam menjalankan usaha.

“Kunci meraih kesuksesan untuk pengusaha pemula harus mengedepankan inovasi dan bangkit lagi ketika jatuh. Sebab, peluang usaha di Kota Tangsel ini begitu banyak. Tinggal bagaimana pintarnya seseorang aja masuk dalam celah ini,” kata bang Ben.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini untuk menjadi seorang penguasa jauh lebih penting disbandingkan seorang TKS (Tenaga Kerja Sukarelawan), hal itu lantaran selain mendidik mental menjadi kuat, juga akan semakin kreatif jika dalam mengelola financial (keuangan) ketika sudah menjadi pengusaha.

“Jadi pengusaha itu jauh lebih bagus dan enak disbanding harus jadi TKS. Peluang untuk memulai usaha di Tangsel ini cukup banyak. Tinggal bagaimana kreativitas dan inovasi kita saat memulainya,” ucapnya

Wakil Walikota menyontohkan peluang membuka usaha bisa dimulai dari lingkup terkecil. Mencukupi kebutuhan para tetangga. Cari tahu apa saja kebutuhan tetangga hari itu. Buatkan listnya. Setelah itu, kita belanja dan jual kebutuhan mereka sesuai list tadi.

“Itu saja kita sudah belajar memulai usaha. Terus aja dilakukan dan dikembangkan. dari tetangga, merambah satu RT misalkan. Inovasi tetap harus dikedepankan dalam menangkap peluang ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bang Ben juga menyampaikan jika terkendala modal, bisa meminjam uang melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah yang sebentar lagi melantai.

“Jangan takut gagal. Jadikan kegagalan berulang ini untuk terus maju dan memotivasi diri,” ucapnya.

Diketahui kegiatan pelatihan keterampilan dan keahlian dalam program pengembangan produktifitas diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan kota Tangsel. Dalam waktu dekat, Pemkot Tangsel akan membangun gedung galeri UMKM yang bisa dimanfaatkan siapapun warga Tangsel untuk tempat usaha.

“Nanti teman-teman di sini bisa meminjam modal ke  BPR  Syariah ini untuk modal. Apalagi nanti kita ada gedung galeri UMKM. Manfaatkanlah semua itu. Jadi sekali lagi, kunci untuk memulai usaha adalah modal, inovasi, kreativitas, tidak takut gagal serta mampu membaca peluang,” tandasnya.

(tam)